Senin, 18 Maret 2019

Pertimbangan Membeli Laptop Berfitur Layar Sentuh

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@lerengbukit/pertimbangan-membeli-laptop-berfitur-layar-sentuh

Kini, beranekaragam produk laptop berfitur touch screen atau layar sentuh menghiasi juga pasar. Merk dan harganya pun memang begitu bervariatif. Nah, seperti halnya pada perangkat smartphone ataupun tablet, penggunanya pun dapat juga mengoperasikannya dengan menyentuh layarnya. Nah, apakah kita pun tertarik membelinya? Sebelum membawanya pulang, tak ada salahnya kita lebih memahami kelebihan dan kekurangannya dengan lebih seksama. Dengan lebih memahami keduanya, tentunya sangat membantu mempertimbangkan membeli laptop tersebut.

Kelebihan-Kelebihan. Kelebihan yang sangat dirasakan penggunanya yaitu lebih praktis menggunakan laptop. Terlebih, bila sering berada di outdoor atau ruang terbuka. Ambil contoh, kita sedang berada di taman. Lalu, menggunakan perangkat tersebut sambil duduk di kursi yang telah disediakan. Nah, tak perlu repot-repot mengambil mouse lalu menggunakannya, ataupun menggerakan jemari di trackpad pada laptop untuk menggerakan pointer. Cukup dengan menyentuh layar saja, kita dapat mengoperasikan laptop. Misalnya, untuk men-scroll halaman, browsing, men-zoom bagian layar, membuka aplikasi, dan sebagainya. Begitu pun saat menggunakannya di atas meja. Kita akan merasa lebih praktis. Beberapa pengguna mengakui memang sangat nyaman browsing dengan fitur tersebut.



Gambar 1. Ilustrasi

Kekurangan-Kekurangan. Karena dilengkapi fitur touch screen, lebih banyak mengkonsumsi daya baterai. Dengan kata lain, penggunaannya menjadi sangat boros. Layar pun biasa lebih mudah kotor dan terlihat bekas-bekas sentuhan jemari. Tentu saja, tertempel oleh jari-jari kita saat menggunakannya.. Agar pandangan memandang layar tak terganggu, rutin membersihkannya dengan cairan pembersih khusus tentunya menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Bila menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, tak tertutup kemungkinan tangan akan terasa sangat pegal dan letih. Untuk menghindarinya, kombinasikan dengan penggunaan mouse ataupun trackpad. Biasanya sedikit lebih berat dibandingkan laptop tanpa fitur tersebut. Harganya pun biasanya lebih tinggi. Sejumlah pengguna laptop pun menuturkan bahwa touchscreen menjadi hal yang sebenarnya tak dibutuhkan.

Cermati Juga Apakah Menjadikan Kita Lebih Produktif dan Mempermudah Menyelesaikan Pekerjaan? Meskipun fitur touch screen menjadi teknologi laptop canggih yang kekinian, belum tentu fitur ini membuat semua orang menjadi lebih produktif bekerja. Ataupun, tak lantas juga menjadi benar-benar sangat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Bahkan, bisa saja sangat menyulitkan menyelesaikannya. Nah, bila merasa lebih nyaman menggunakan mouse ataupun trackpad, sebaiknya memang tak membelinya.. Bagi seorang yang menggeluti bidang desainer, touch screen mungkin dapat menjadi alternatif dipergunakan. Sebabnya, dengan menggunakan perangkat pen khusus terpisah, dapat langsung menggambar pada permukaan layar. Hal ini tentunya meningkatkan produktivitas dan juga menghemat waktu bekerja.

Demikian, kelebihan dan kekurangan laptop berfitur touch screen. Nah, tertarikkah menjadi penggunanya? Nah, sekali lagi, sebelum membelinya, tak ada salah mempertimbangkannya dengan lebih seksama terlebih dahulu. Bila memutuskan untuk membelinya, selamat menggunakannya…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  1. https://www.lifewire.com/should-you-buy-a-touchscreen-based-pc-832342
  2. http://technicles.com/advantages-and-disadvantages-of-touch-screen-pclaptop/
  3. https://www.digit.in/laptops/do-you-really-need-a-touchscreen-laptop-41866.html
Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/45/Intel_Ultrabook_Reference_Design_with_Touchscreen.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar