Senin, 22 Oktober 2018

Kelebihan dan Kekurangan All In One PC

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@lerengbukit/kelebihan-dan-kekurangan-all-in-one-pc

Apakah kita tertarik membeli All In One PC? Secara mendasar, All In One PC sesungguhnya termasuk komputer desktop. Namun, All In One PC tak seperti komputer desktop umumnya yang memisahkan monitor dan CPU. Ciri khas All In One PC, sesuainya namanya, menggabungkan monitor dan CPU. Nah, sebelum membelinya, tak ada salahnya kita lebih memahami kelebihan dan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan All In One PC yang mesti kita pahami sebelum membelinya. Selamat menyimak…

Dell_Inspiron_One_23_Touch_AIO_Desktop_PC.png
Gambar 1. All In One PC

Kelebihan-Kelebihan All In One PC
  • All In One PC yang tersedia di pasaran berlayar monitor besar. Biasanya ukuran layar monitor All In One PC lebih dari 16 inchi. Selain itu, beberapa produk All In One PC dilengkapi juga dengan fitur touchscreen. Bila kita menginginkan komputer berlayar besar dengan fitur touchscreen, All In One PC dapat menjadi alternatif.
  • Tak membutuhkan banyak ruang untuk meletakkannya. Selain itu, karena monitor sudah menyatu dengan CPU, kita tak perlu kabel khusus untuk menyambungkan monitor dengan CPU. Mouse dan keyboard pun terkoneksi secara wireless. Nah, dengan demikian, All In One PC akan terlihat lebih rapih dibandingkan komputer desktop.
  • Dibandingkan komputer desktop, All In One PC menghasilkan sedikit panas. Karenanya, membuat kita lebih nyaman menggunakannya. Dibandingkan komputer desktop, All In One PC pun mengkonsumsi lebih sedikit daya listrik. Dibandingkan komputer desktop, All One PC lebih mudah kita bawa. Tentu saja, karena kita tak perlu repot-repot membawa monitor dan CPU.
  • Sama halnya dengan laptop, All In One PC pun dilengkapi dengan kamera. Dengan kamera, kita dapat melakukan panggilan video.
Kekurangan-Kekurangan All In One PC
  • Dibandingkan komputer desktop, All in One PC memang kurang bertenaga. Bila kita menginginkan komputer yang begitu bertenaga, misalnya untuk bermain game ataupun untuk menjalankan aplikasi berat, sebaiknya membeli komputer desktop. Bila kita menggunakan komputer untuk kebutuhan mendasar, misalnya mengetik, menonton film, ataupun mendengarkan musik, All In One PC tentunya dapat menjadi alternatif. Kita pun akan lebih nyaman karena tak tampak kabel-kabel pada komputer.
  • Kita dapat tak meng-upgrade hardware penting. Misalnya, prosesor ataupun kartu VGA . Sedangkan pada komputer desktop, kita dapat meng-upgrade hardware penting.
  • Output video pada All In One PC hanya dapat kita lihat dari layar All In One PC saja. Sedangkan pada komputer desktop, kita dapat menggunakan output video ke media lainnya. Misalnya, menghubungkannya ke proyektor ataupun monitor yang berukuran lebih besar. Tak tertutup kemungkinan, kita menginginkan ataupun membutuhkan layar berukuran lebih besar untuk menyelesaikan pekerjaan.
Demikian, kelebihan dan kekurangan All In One PC. Dengan lebih memahaminya, sangat membantu kita mempertimbangkan kembali apakah akan membelinya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  1. https://www.ziggizag.com/what-is-all-in-one-computer-advantages/
  2. https://www.windowscentral.com/benefits-and-downsides-buying-all-one-pc
Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/49/Dell_Inspiron_One_23_Touch_AIO_Desktop_PC.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar