Minggu, 08 Oktober 2017

Mengenal Keyboard Laptop Chiclet

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/mengenal-keyboard-laptop-chiclet

Saat ini, banyak produk laptop menggunakan keyboard chiclet. Mulai dari laptop low end hingga high end. Nah, sebagai pengguna laptop, apakah kita sudah mengenal keyboard tersebut? Dan juga, apakah keyboard laptop kita termasuk yang berjenis chiclet? Nah, bagi yang belum mengenalnya, apa sesungguhnya keyboard tersebut? Sebagai informasi, dilansir dari situs computerhope.com, keyboard chiclet mulai digunakan sejak akhir tahun 1970. IBM, dilansir dari situs yang sama, menjadi perusahaan komputer pertama yang menggunakan keyboard tersebut. Berikut contoh keyboard chiclet.


Gambar 1. Contoh Keyboard Chiclet.

Sebelum kemunculan keyboard chiclet, umumnya laptop menggunakan keyboard dengan jarak antar tombol yang begitu rapat. Nah, sedangkan pada keyboard chiclet, jarak antar tombol begitu longgar.

Pada bagian ujung tombol keyboard chiclet pun membentuk melingkar. Dua hal tersebut ciri khas keyboard chiclet Nah, jarak antar tombol yang longgar dan ujungnya yang berbentuk melingkar akan sangat menghindari jemari salah menekan tombol. Terlebih, saat kita sedang mengetik cepat. Karena tombol-tombol tampak seperti hamparan pulau, keyboard chiclet biasa disebut juga keyboard Island Style.

Ciri tersendiri lainnya keyboard chiclet yaitu tombol-tombolnya yang tipis dan tak terlalu curam. Sebelum kemunculan keyboard chiclet, umumnya tombol keyboard begitu tinggi dan berbentuk cenderung curam. Karena tombol-tombol keyboard chiclet berbentuk tipis tak terlalu curam, lebih membuat nyaman jemari kita saat mengetik. Terlebih, saat mengetik cepat. Berikut contoh keyboard konvensional

Selain laptop dengan keyboard chiclet, ada juga beragam keyboard eksternal yang berjenis chiclet. Bila ingin mencoba mengetik menggunakan keyboard chiclet, dapat membeli keyboard eksternal chiclet. Bagi yang ingin mengetik dengan rasa yang berbeda, membelinya pun dapat menjadi alternatif Bila ingin membeli laptop yang menawarkan kenyamanan mengetik yang berbeda, tak ada salahnya juga membeli laptop dengan keyboard chiclet. Di pasaran tersedia beragam laptop dengan keyboard chiclet. Berikut contoh keyboard chiclet eksternal.

Keunggulan lainnya keyboard laptop chiclet yang dapat kita rasakan yaitu membuat laptop lebih ramping. Tentu saja, karena keyboard chiclet berbentuk tips dibandingkan keyboard konvensional. Nah, dengan demikian, bila kita menginginkan laptop yang lebih ramping dan yang lebih mudah dibawa, membeli laptop dengan keyboard chiclet dapat menjadi alternatif yang tepat. Bagi yang sering bepergian membawa laptop, membelinya pun dapat menjadi alternatif. Sebagai informasi menarik, nama chiclet diadopsi dari nama merk permen karet, yaitu chiclet. Bentuk desain tombol keyboard chiclet mirip dengan bentuk permen tersebut. Berikut bentuk permen karet bermerek chiclet.

chiclet.png
Gambar 2. Bungkus Permen Chiclet dan Bentuk Permen Tersebut

Demikian, penjelasan singkat mengenai keyboard chiclet. Kesimpulannya, keyboard ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan tersendiri untuk mengetik. Terlebih, bagi yang menggunakan laptop untuk mengetik hingga berjam-jam dalam sehari. Laptop dengan keyboard chiclet pun membuat kita lebih nyaman membawan.ya Nah, bila tertarik mencoba menggunakannya, selamat mengetik menggunakan keyboard chiclet…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.netbookchoice.com/2009/04/19/so-what-is-a-%E2%80%98chiclet%E2%80%99-keyboard-anyway/
2. https://www.computerhope.com/jargon/c/chicletk.htm
3. http://www.notebookreview.com/feature/laptop-keyboards-explained-best-worst-keyboard-tech/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/07/02/17/26/keyboard-829330_960_720.jpg
2a. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5c/Promotional_Chiclets.JPG
2b. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/05/10/01/45/candy-760428_960_720.jpg

Related Posts :

1 komentar :

rahma auliyaa mengatakan...
terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com

Posting Komentar