Selasa, 13 September 2016

Trik Sederhana Mengatasi Baterai Laptop yang Rusak

Manusia dari masa ke masa semakin fleksibel untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari cara berpakaian, komunikasi hingga cara mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan semua itu di masa sekarang sangat memungkinkan dengan adanya Laptop. Laptop sendiri memiliki fasilitas untuk menggali informasi ke dunia internet untuk mengetahui suatu budaya, cara berkomunikasi hingga menggali informasi yang tidak ada di wilayah kita.

Namun bagaimana jika salah satu fungsi laptop hilang seperti baterai yang tidak optimal hingga tidak bisa digunakan kembali? Bila kamu salah satu yang mengalami hal tersebut, maka kamu perlu mengantisipasinya dengan beberapa trik berikut ini.

  1. Mulai mendiagnosa baterai laptop

    Sering kita menggunakan laptop tanpa tahu kapan baterai rusak sampai datang pesan saat menghidupkan laptop “plugged in, not charged” yang memberi keterangan bahwa laptop sudah di isi arus tapi tidak mengisi daya. Hal ini disebabkan software management di device manager mengalami corrupt yang biasanya terjadi di Windows 7. Untuk mengatasinya, bisa dengan menginstal kembali Software API baterai melalui device manager, namun bila kamu malas kamu bisa menghilangkan centang “Warn me if my battery may need replacement” untuk menghilangkan tanda baterai rusak.


    Gambar 1. Cara singkat mendiagnosa baterai laptop
  2. Mengatasi baterai yang tidak mengisi daya

    Langkah berikutnya bila baterai laptop masih dalam kondisi tidak bisa mengisi daya, maka solusi yang bisa diberikan mencoba hal berikut:

    • Pertama, buka Control Panel.
    • Klik kanan properties pilih System and Security -› Device Manager -› Pilih battery -› Cari Microsoft ACPI Compilant control method battery dan lakukan uninstal seperti ini.


      Gambar 2. Menguninstal sistem baterai
    • Cabut baterai.
    • Setelah lebih 1 menit pasang kembali.
    • Cari Device Manager klik kanan scan for hardware change.
    • Lepas adaptor, lalu biarkan baterai terus mengalami pemakaian hingga 80% setelah itu pasang kembali.
  3. Mengatasi baterai laptop cepat habis

    Ternyata masalah masih berlanjut seperti baterai cepat habis walaupun sudah di isi 100% yang membuat laptop menjadi tidak fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Solusi berikutnya memungkinkan baterai laptop yang kamu miliki kembali awet.

    • Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan dan alatnya yaitu: lemari Es / Freezer, plastik pembungkus, tali pengikat, dan baterai laptop yang rusak.
    • Jika semua sudah lengkap, maka mulai dengan memasukkan baterai laptop ke platik pembungkus dengan menggunakan tali pengikat. Usahakan plastik jangan sampai bocor dan tali pengikat jangan longgar, hal ini untuk menjaga baterai laptop dari kemasukkan es.
    • Jika sudah rapat dan yakin tidak kemasukkan es, saatnya baterai laptop di masukkan ke dalam lemari es selama seharian atau semalam penuh. Ada juga yang mengatakan hasil yang maksimal selama 3 hari.
    • Setelah melakukan semua itu, cobalah mengeluarkan baterai dari lemari es dan juga plastik pembungkusnya.
    • Setelah mengeluarkannya, cobalah taruh di tempat suhu normal supaya baterai kembali normal.
    • Jika baterai sudah kembali normal, cobalah pasang ke laptop dan lakukan charge namun laptop tidak boleh hidup, hal ini untuk mengantisipasi kerusakan fatal pada baterai laptop.
    • Setelah kamu yakin mengisi daya sampai 100% pada baterai, silahkan menyalakan laptop.

Nah, itulah beberapa trik sederhana dalam mengatasi baterai laptop yang rusak. Bagi kamu yang baterai laptopnya masih awet disarankan untuk menjaganya dengan melakukan pengaturan pada baterai seperti suara, multitasking hingga kecerahan layar. Sisanya bersihkan secara berkala bagian-bagian laptop yang menurutmu penting agar baterai laptop tetap awet.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. http://www.langitkomputer.com/2015/10/cara-memperbaiki-baterai-laptop-yang-rusak.html
2. http://wizamisasi.com/cara-memperbaiki-baterai-laptop-yang-rusak/
Gambar:
Gambar 1 dan gambar 2 milik pribadi

Related Posts :

1 komentar :

M,Irfan Amir mengatakan...
apakah anda sendiri pernah mencoba yg nomor 3? jika ia apakah percobaan anda berhasil?

Posting Komentar