Jumat, 16 September 2016

Cara Mengatasi LCD Bergaris pada Komputer dan Laptop

Dunia internet semakin luas, untuk mendapatkannya banyak penjual kartu berlomba-lomba menjual kartu koneksi internet yang percaya bisa memberikan pengalaman terbaik. Tidak lupa juga para penjual layar atau LCD baik itu layar komputer, laptop hingga tablet menjanjikan pengalaman yang serupa dalam menjelajahi dunia internet. Tanpa layar, menjelajahi dunia internet menjadi tidak berarti.

Namun pernahkan kamu mengalami masalah LCD bergaris? Saya sendiri pernah mengalaminya saat memiliki Komputer Pentium 4 yang tiba-tiba saja bergaris. Saat mau melakukan service ke toko terdekat malahan disarankan penjual untuk membeli yang baru, padahal harga LCD di waktu tersebut terbilang mahal. Akhirnya terpaksa bertahan dengan layar bergaris hingga akhirnya dijual karena sudah ada laptop.

Bagi kamu yang mengalaminya, entah itu bergaris vertikal maupun horizontal dengan warna mencolok seperti putih, hitam, kemerah-merahan dan warna lainnya. Bisa dikatakan bahwa LCD bukan berarti rusak, hanya saja terdapat pixel kecil di bagian monitor yang mengalami error atau dead pixel yang membuat tampilan komputer atau laptop sulit membaca tampilan.

Dead pixel sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya kesalahan dari pabrik yang kurang teliti dalam mengidentifikasi pixel yang lemah pada masing-masing monitor, sehingga sedikit saja terkena benturan bisa memunculkan garis-garis pada monitor. Ada pun faktor lainnya disebabkan LCD atau monitor sering ditekan pada saat menyala atau saat tidak hidup. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu ke toko service seperti saya, karena kamu sendiri sudah bisa memperbaikinya. Kamu hanya perlu satu aplikasi yang bisa mengatasi layar LCD bergaris pada komputer dan laptop, simak berikut ini.

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi atau software bernama Pixel Repairer yang memiliki fungsi mengatasi dead pixel pada LCD. Setelah itu, lakukan penginstalan.
  • Setelah menginstal, pilih pattern yang akan digunakan, bisa juga warna atau garis-garis seperti saya mencoba “Horizontal lines (white first)”


    Gambar 1. Tampilan Pixel Repairer
  • Jika kamu sudah memilih pattern, cobalah klik enable. Maka, akan muncul pattern yang sesuai dengan pilihan kamu seperti saya yang memilih horizontal lines. Kamu pun bisa mengklik layar pada pattern untuk menghasilkan pattern yang lain, baik warna maupun jenis garisnya. Untuk kembali normal bisa tekan Esc atau Alt + F4.
  • Selanjutnya, bila kamu tidak melihat tanda dead pixel pada LCD tersebut. Kamu bisa pilih menu repair, lalu klik Add. Maka akan muncul tempat dead pixel berada seperti dead pixel pada laptop saya (yang bertanda kotak) di bawah ini.


    Gambar 2. Mulai mencari dead pixel
  • Setelah kamu menambahkannya, tunggu beberapa saat hingga selesai. Kamu juga bisa melakukan aktifitas seperti biasa saat aplikasi Pixel Repairer dengan minimaze aplikasi ini.

Nah begitulah cara mengatasi LCD bergaris pada komputer dan laptop. Bagi kamu yang sudah mencoba dan melakukannya namun tidak bisa juga, cobalah ulang kembali. Tetapi bila tidak bisa berarti ada kerusakan parah pada LCD, disarankan untuk memeriksanya di service resmi demi monitor kamu.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.bungfrangki.com/2016/01/cara-memperbaiki-layar-lcd-monitor-bergaris.html
2. http://galerichord.blogspot.com/2015/05/cara-memperbaiki-layar-lcd-laptop.html
Gambar :
Gambar 1 dan gambar 2 milik pribadi

Related Posts :

2 komentar :

Merlina Frandez mengatakan...
Very Nice !

Furniture Rotan Sintetis
ICHAL KEREN mengatakan...
Terima Kasih atas Informasinya dan salam kenal

Posting Komentar