Senin, 08 Agustus 2016

Kiat Aman Dari Radiasi Laptop

Saat ini, laptop telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat. Akan tetapi, laptop sesungguhnya bukan barang yang ramah bagi kesehatan manusia. Sebabnya, laptop ketika menyala memancarkan radiasi gelombang elektromagnetis. Menurut pakar kesehatan, radiasi ini berisiko memunculkan berbagai penyakit berbahaya. Terlebih, bila laptop digunakan selama berjam-jam dalam sehari.

Lalu, penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan dari radiasi laptop? Dilansir dari situs emwatch.com, penyakit tersebut antara lain asma, alzheimers, cancer, depresi, tekanan darah, ketidakseimbangan hormon, menurunnya kemampuan bereproduksi dan kekebalan tubuh, serta rusaknya jaringan syaraf. Nah, bila kita bekerja dengan komputer apalagi hingga berjam-jam, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah hal tersebut? Berikut kiat-kiat melindungi diri dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan laptop.


Gambar 1. Laptop Sesungguhnya Bukan Barang yang Ramah Bagi Kesehatan Manusia.

Semakin Jauh Jarak Antara Mata dengan Layar Laptop Akan Semakin Melindungi Tubuh dari Efek Radiasi

Bila kita mengoperasikan laptop dengan jarak yang sangat dekat, kemungkinan besar tubuh mudah menyerap radiasi elektromagnetik. Terlebih, bila menggunakan laptop selama berjam-jam. Nah, bila tubuh terlalu banyak menyerap radiasi elektromagnetik, meningkatkan risiko munculnya penyakit berbahaya. Karenanya, berusahalah mengoperasikan laptop dengan jarak sejauh mungkin. Semakin jauh jarak antara mata dengan layar laptop, maka akan semakin melindungi tubuh dari efek radiasi layar laptop.

Turunkan Tingkat Brightness (kecerahan laptop)

Secara fisikawi, semakin cerah laptop maka semakin kuat pancaran radiasi elektromagnetis. Radiasi ini tak hanya berbahaya bagi mata saja, tetapi juga bagi tubuh. Karenanya, untuk mencegah efek radiasi, tak ada salahnya menurunkan tingkat kecerahan laptop. Ada baiknya, bila men-setting brightness pada level terendah.

Aktifkan Fitur Auto Sleep

Saat ini, kebanyakan laptop dilengkapi dengan fitur auto sleep. Terkait melindungi diri dari efek radiasi laptop, fitur ini akan mematikan layar laptop bila laptop tak aktif selama jangka waktu tertentu. Dengan cara ini, kita akan lebih terlindungi dari radiasi laptop saat sedang santai ataupun melakukan hal lain di hadapan laptop.

Letakkan Tanaman Kaktus di Dekat Laptop

Apa hubungan kaktus dengan radiasi gelombang elektromagnetik? NASA menemukan bahwa kaktus dapat menyerap radiasi elektromagnetik. Nah, dengan meletakkan kaktus di dekat layar laptop, kita akan lebih terlindungi dari efek radiasi gelombang elektromagnetik. Hanya saja, bila meletakkan tanaman berduri tersebut, kita perlu berhati-hati agar tak terluka.

Istirahat dan Cuci Muka Secara Rutin

Ada baiknya mengambil waktu istirahat secara rutin setelah memakai laptop selama beberapa jam. Misalnya, mengambil waktu istirahat selama 30 menit setelah dua jam memakai laptop. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan wajah dari energi radiasi elektromagnetik yang sudah terserap.tubuh.

Disarankan Rutin Mengkonsumsi Makanan antioksidan

Makanan antioksidan bermanfaat juga sebagai makanan anti radiasi. Zat-zat yang terkandung dalam makanan ini akan melindungi tubuh dari radiasi elektromagnetik Selain itu, zat-zat ini pun akan membersihkan tubuh dari energi radiasi yang sudah terserap oleh tubuh. Beberapa contoh makanan antioksidan antara lain tomat, cheri, apel, brokoli, dan wortel.

Memasang Filter Screen Pada Layar Laptop

Dapat juga memasang filter screen pada layar laptop, untuk semakin menjaga mata dari efek radiasi. Dibandingkan dengan kiat sebelumnya, mungkin cara ini yang termudah. Akan tetapi, kurang praktis. Terlebih, bila kita sering membawa laptop pergi. Selain itu, memasang filter screen cenderung menjadikan layar terlihat lebih gelap. Karenanya, tak tertutup kemungkinan kita akan kurang nyaman mengoperasikan laptop.

Demikianlah, beberapa kiat melindungi tubuh dari radiasi layar laptop. Sekali lagi, laptop bukanlah barang yang ramah bagi kesehatan. Karenanya, mari menjaga kesehatan dari efek radiasi laptop…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Materi:
1. http://www.electricsense.com/1138/my-9-tips-to-cut-down-on-exposure-to-computer-radiation/
2. http://emwatch.com/computer-radiation-may-damage-your-health/
Sumber gambar:
1. http://komputerlamongan.com/wp-content/uploads/2014/12/pusing-di-depan-laptop.jpg

Related Posts :

1 komentar :

a mengatakan...
radiasi laptop, go check : http://news.unair.ac.id/2018/12/24/efek-radiasi-laptop-terhadap-organ-reproduksi/

Posting Komentar