Selasa, 18 Februari 2014

Memilih Software Video Editing yang tepat

Jika anda menggunakan komputer atau laptop anda untuk mengedit video, atau anda adalah seorang video editor profesional, maka anda harus dapat memilih software video yang tepat. Berikut ini akan diberikan bagaimana memilih software video editing yang tepat.

Dilihat dari cara menggunakannya, software-software video editing dapat digolongkan menjadi software instan dan software in-progress.

Software instan artinya anda hanya cukup menggunakan efek-efek atau fitur yang sudah tersedia tanpa perlu repot-repot mengatur banyak parameter untuk menghasilkan suatu efek atau menggunakan suatu fitur. Anda hanya perlu mengatur sedikit parameter saja. Anda pun dapat langsung menggunakan software ini tanpa perlu mempelajari menggunakan software ini melalui tutorial Sedangkan software in-progress artinya anda harus mengatur banyak parameter untuk menghasilkan suatu efek tertentu dan untuk menggunakan suatu fitur Anda pun harus mempelajari menggunakan software ini melalui tutorialnya.

Software video editing yang termasuk golongan software instan sangat cocok untuk para video editor yang ingin menghasilkan karya video yang cepat tanpa perlu membuang banyak waktu untuk mengatur parameter suatu efek tertentu. Anda hanya cukup menggunakan efek-efek yang sudah disediakan oleh software tersebut Corel VideoStudio termasuk ke dalam golongan software instan.

Kelemahan software video editing yang instan adalah software ini tidak dirancang untuk menghasilkan karya video dengan kreativitas tinggi. Selain itu, menggunakan software ini terkadang membosankan karena hanya menggunakan efek-efek yang itu-itu saja.

Sedangkan ,software video editing yang termasuk golongan software in-progress sangat cocok digunakan untuk para video editor yang memiliki kreativitas dan imajinasi tinggi dalam berkarya mengedit video. Kreativitas anda dalam mengedit video bisa anda tuangkan sepenuhnya dengan software ini Adobe Premiere termasuk ke dalam software video editing golongan software in-progress.

Jika anda termasuk video editor yang memiliki kreativitas tinggi, maka sebaiknya anda jangan menggunakan software video editing instan karena kreativitas anda tidak dapat tersalurkan sepenuhnya.

Corel VideoStudio

Software ini merupakan sebagai sampel dari software-software video editing yang termasuk golongan software video editing instan. Software ini sangat mudah sekali untuk digunakan. Bahkan, anda tidak perlu tutorial untuk menggunakan software ini.

Anda hanya perlu meng-impor gambar atau video ke dalam timeline yang sudah disediakan. Anda pun dapat meng-impor suara beragam format suara terutama mp3 atau wav ke dalam video anda. Setelah itu, anda hanya men-drag dan men-drop efek-efek yang sudah tersedia di software ini. Beberapa efek-efek dasar seperti transisi sudah disediakan oleh software ini. Software ini dilengkapi dengan fitur pengolah suara.

Berikut ini adalah preview Corel VideoStudio



Cara menggunakan software video instan selain Corel VideoStudio tidak jauh berbeda dengan software ini. Pada dasarnya, anda hanya perlu memilih efek-efek yang sesuai dengan video anda dan hanya perlu mengatur sedikit parameter saja. Jika anda berhasil memilih efek yang pas untuk video anda, maka video yang anda edit akan terlihat profesional tanpa perlu membuang banyak waktu anda.

Adobe Premiere

Software Adobe Premiere merupakan sampel dari golongan software in-progress. Anda harus mengatur banyak sekali parameter untuk menghasilkan suatu efek. Untuk menghasilkan suatu karya video dengan kreativitas tinggi memang harus mengatur banyak parameter. Jika anda merasa bingung bagaimana untuk mengatur suatu parameter, maka anda harus melihat tutorialnya.

Berikut ini adalah preview Adobe Premiere



Menggunakan, software video editing in-progress selain Adobe Premiere pun tidak jauh berbeda dengan software ini. Anda harus mempelajari software tersebut melalui tutorialnya serta harus menggunakan banyak parameter untuk menghasilkan suatu efek.

Selamat Berkarya !

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Related Posts :

2 komentar :

The Geeks mengatakan...
Thanks for review, it was excellent and very informative.
thank you :)
Razzak Naufalbe mengatakan...
agar proses pemformatan video lebih cepat ketika sudah selasai editing menggunakan software apa ya
www.videokursusbahasainggris.blogspot.co.id - kursus bahasa inggris gratis untuk siapa saja yang ingin bisa 'ngomong' inggris dengan lancar dan di sini di ajar oleh guru profesional dari luar

Posting Komentar