Senin, 23 Desember 2013

Virus Komputer: Lima Tools Gratis yang Harus Diwaspadai

Tak ada seorang pun yang menginginkan laptop maupun komputernya terserang virus komputer. Karena efeknya akan membuatnya laptop ataupun komputernya menjadi lambat atau bahkan bisa menghilangkan data-data yang telah disimpannnya. Namun, tak banyak orang yang memahami dari mana virus komputer itu hadir. Artikel ini akan coba membantu Anda mengenal ‘jalan-jalan’ virus komputer bisa menetap di laptop maupun komputer Anda.

Jika Anda menghubungkan laptop ataupun komputernya Anda ke internet, maka terkadang Anda tergiur dengan tawaran-tawaran tool gratis. Di antara tool gratis yang paling sering ditemukan pengguna internet adalah freeware, adware dan spyware. Tool ini memang terkadang penting dimiliki, namun tak menutup kemungkinan juga ia membawa virus komputer.

Oleh karena itu, ada lima tool yang tak boleh alias haram untuk Anda install di laptop maupun komputer Anda. Kelima tools ini hampir seratus persen mengandung virus. Makanya, jika tak ingin terjangkit virus komputer yang berbahaya, jauhilah dan jangan pernah berkeinginan untuk menginstallnya.

  • Gator

    Ini adalah jenis tool yang kerap menawarkan iklan-iklan menarik. Tanda-tanda laptop atau komputer Anda telah terinstall Gator, komputer Anda menjadi seperti gudang iklan. Anda akan menerima setiap hari “Pop Up” yang ikut bersama Gator. Hebatnya lagi, Gator bisa terinstall dengan sendirinya alias tanpa sepengetahuan Anda. Karena itu, berusahalah untuk menjaga komputer maupun laptop Anda dari tool gator. Karena ia diduga kuat mengangkut virus komputer yang dapat membuat komputer atau laptop Anda lambat. Dan cara terbaik untuk mengantisipasi agar tidak terinstal Gator, blok websitenya sejak dini.

  • Bonzi Buddy

    Anda pernah menyaksikan tool yang bergambar monyet yang lucu. Itulah tool Bonzi Buddy. Anda jangan tergiur lantaran lucunya. Karena efek menginstall tool ini, komputer atau laptop Anda menjadi lambat. Bahkan ia pun hampir sama dengan tool Gator, yaitu berpotensi menjadi gudang iklan.

  • GoHip

    Iming-iming menginstall GoHip, mampu menambah nilai pada browser. Nyatanya, malah sebaliknya. Ia berpotensi memperlambat. Inilah bukti kalau ia mengandung virus komputer.

    Tak hanya itu, jika Anda sudah menginstall GoHip, untuk membuangnya Anda akan mengalami kesusahan. Anda tidak bisa membuangnya melalui Add/Remove Programs di Control Panel. Maka langkah yang Anda lakukan untuk membuangnya adalah, dengan mendownload removernya di http://www.gohip.com/remove_browser_enhancerment.html.

  • Hotbar

    Tak sedikit orang yang menggunakan Internet Explorer tertipu untuk menginstall Hotbar dengan janji bahwa IE akan menjadi lebih cool. Padahal, kenyataan yang terjadi ia hanya sekedar skin IE. Karena tugas tool Hotbar adalah untuk menyalin kebiasaan Anda saat berinternet dan merekam situs yang Anda kunjungi.

    Efek dari tool Hotbar ini, ia akan memperlambat komputer atau laptop Anda. Tak hanya itu, untuk membuangnya tidak dilakukan dari Add/Remove Programs di Control Panel. Akan tetapi untuk membuangnya dapat dilakukan melalui situsnya dengan mendownload tool remover yang ada di situs hotbar.

  • Xupiter Toolbar

    Tool ini kerap muncul saat pengguna Internet mendownload lagu atau film. Karena tak memahami komputer atau laptop serta tak tahu apa fungsi xupiter toolbar tak sedikit pengguna komputer menginstallnya. Karena ia muncul kerap dengan perintah tekan Yes. Jika ditekan, maka bersiap-siaplah laptop atau komputer Anda menjadi lambat. Lalu, ia pun sama dengan tool yang lain kerap menghadirkan iklan-iklan.

Maka dari itu, waspada saat menginstall tools. Jika ia mengunduh kelima tools di atas harap untuk tidak menginstallnya. Karena ia bisa membuat Anda susah nantinya.

Oleh : Rahmat Hidayat Nasution

Related Posts :

1 komentar :

Elita Permata Edwina mengatakan...
Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Posting Komentar