Minggu, 17 Desember 2017

Membuat Ilustrasi Interior Ataupun Exterior Menggunakan Software Turbo Floor Plan 3D

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/membuat-ilustrasi-interior-ataupun-exterior-menggunakan-software-turbo-floor-plan-3d

Apakah kita akan membangun ataukah merenovasi rumah dalam waktu dekat? Bila ya, kita dapat mencoba membuat ilustrasi gambaran rumah ataupun renovasi rumah terlebih dahulu. Ilustrasi yang kita buat tak hanya dalam tampilan dua dimensi yang berbentuk denah saja. Tetapi juga, dalam tampilan tiga dimensi. Nah, untuk membuatnya, kita dapat menggunakan software Turbo Floor Plan 3D. Dengan membuat Ilustrasi tersebut, tentunya memberikan gambaran rumah yang lebih jelas dan mendetail. Lalu, seperti apa sofware tersebut? Dan juga, apakah software tersebut mudah digunakan terlebih bagi yang belum terbiasa membuatnya?


Gambar 1. Hasil Render dan Denah Dibuat dengan Software Turbo Floor Plan

Dilansir dari situs toptenreviews.com, software Turbo Floor Plan 3D menjadi salah satu software ‘home building’ yang mudah digunakan. Tampilan interfacenya pun begitu mudah dimengerti. Karenanya, cocok digunakan bagi siapapun yang belum terbiasa membuatnya. Selain itu, karena mudah digunakan, tentunya sangat menghemat waktu kita untuk membuatnya. Terlebih, bila kita tak memiliki banyak waktu untuk membuatnya.

Nah, untuk menggunakan software ini, sebenarnya begitu praktis. Kita hanya cukup men-drag dan men- drop elemen-elemen rumah ke dalam denah. Software ini menyediakan beragam elemen-rumah siap pakai. Siapapun dapat menggunakannya dengan cepat dan mudah. Ambil contoh, bila ingin memasukkan pintu ke dalam denah, tak perlu repot-repot membuat pintu dari nol. Kita dapat langsung mengambil pintu jenis tertentu dari daftar yang tersedia. Contoh lainnya, bila ingin membuat dinding jenis tertentu, kita pun dapat langsung mengambil dinding dari dari daftar yang tersedia. Contoh lainnya, bila kita memasukkan pintu, kita pun ambil pintu dari daftar yang tersedia. Beberapa jenis pintu tersedia termasuk pintu hinged (pintu engsel).


Gambar 2. Tampilan Interface Software Tersebut.


Gambar 3. Beragam Jenis Pintu

Contoh denah dapat kita amati pada gambar pertama dan kedua di atas. Bagi yang terbiasa menggunakan software AutoCAD, tentunya membantu menyelesaikan denah. Denah ini dapat rubah menjadi tampilan 3 dimensi dari berbagai sudut pandang. Dengan kata lain, dengan menggunakan software Turbo Floor Plan 3D, kita dapat membuat tampilan 3D dimensi dengan cara membuat tampilan 2 dimensi. Setelah selesai membuat ilustrasi rumah, hasil karya kita dapat kita ekspor ke dalam gambar berformat JPG dari sudut pandang tertentu. Contoh hasil karya rumah menggunakan software tersebut dapat kita amati pada gambar pertama. Gambar hasil karya kita dapat menjadi acuan saat sedang membangun ataupun merenovasi rumah.

Tersedia juga beragam furniture yang dapat kita masukkan. Misalnya, lemari, televisi, kursi dan sebagainya. Bagi yang sedang merenovasi rumah ataupun ruangan, memasukkan furniture ke dalam ilustrasi tentunya membuat gambaran rumah menjadi lebih jelas dan mendetail. Selain itu, sangat membantu apakah rumah akan membuat kita nyaman.

Demikian, penjelasan umum mengenai sofware Turbo Floor Plan 3D. Kesimpulannya, software tersebut dapat menjadi alternatif tepat untuk membuat ilustrasi ataupun renovasi rumah. Agar lebih mahir dan mendalami menguasai software ini, tak ada salahnya mencari tutorialnya. Selamat menggunakan software tersebut lalu membangun rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.toptenreviews.com/software/home/best-home-design-software/turbofloorplan-3d-home-landscape-review/

Sumber:
Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar