Senin, 11 Desember 2017

Membuat dan Meng-Edit Dokumen Word dengan Google Docs

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/membuat-dan-meng-edit-dokumen-word-dengan-google-docs

Apakah software Microsoft Word kita mengalami error? Ataukah, tak memiliki software tersebut? Bila ya, untuk membuat ataupun meng-edit dokumen Word, kita dapat menggunakan Google Docs. Cukup dengan membuka situs Google Docs (docs.google.com), kita dapat langsung membuat ataupun meng-edit dokumen Word. Google Docs pun berbasis cloud, artinya kita dapat menyimpan data-data di Google Drive. Lalu, seperti apa Google Docs? Dan juga, apakah mudah menggunakannya?


Gambar 1. Tampilan Google Docs.

Untuk menggunakan Google Docs, tak membutuhkan biaya atau gratis. Google Docs pun menampilkan fitur-fitur standar untuk mengetik. Fitur-fitur tersebut cukup untuk kebutuhan mengetik mendasar. Contoh fitur-fitur tersebut antara lain jenis-jenis paragraf, menyisipkan gambar, mengatur margin paragraf, dan sebagainya. Bila kita ingin mendapatkan fitur-fitur lainnya untuk kebutuhan mengetik yang lebih ‘berat’, misalnya mengetik dengan banyak kolom seperti halnya artikel koran, kita mesti mengeluarkan uang 50$ per tahun.

Menggunakannya pun tak terlalu sulit. Ditinjau dari aspek interface atau tatap muka, tampilan interfacenya (tatap muka) tak terlalu berbeda dengan Microsoft Word. Karenanya, bila terbiasa menggunakan Microsoft Word, menggunakan Google Docs bukanlah hal sulit. “Tanpa ada gangguan“, tutur Jeff Van Drimmelen, penulis buku Googlelize Your Life yang juga seorang konsultan IT.

Sebagai informasi, Google Docs merupakan pengembangan dari situs Writely. Situs ini merupakan situs mengetik online yang diluncurkan pada tahun 2005. Pada tahun 2006, Google membeli situs tersebut.Writely telah diuji jutaan pengguna, karenanya Google Docs akan lebih terbebas dari bug (gangguan).

Menggunakan Google Docs pun lebih memudahkan kita untuk berkolaborasi dengan rekan kerja untuk memperbaiki dokumen Word. Seperti yang sudah disebutkan, Google Docs berbasis cloud. Karenanya, dokumen Word akan disimpan di dalam Google Drive. Dengan memasukkan rekan kerja kita ke jaringan Google Drive kita, rekan kerja kita dapat mengambilnya. Singkatnya, untuk mengerjakan dokumen Word bersama-sama, menggunakan Google Docs dapat menjadi alternatif. Menyimpan dokumen word di Google Drive pun tentunya lebih aman dibandingkan menyimpannya di dalam harddisk.

Ditinjau dari aspek fitur, Google Docs memang tak sekaya Microsoft Word. Namun, belum tentu fitur-fitur Microsoft Word tak akan terpakai seluruhnya. “Kemungkinan besar seluruh fitur tak akan terpakai”, tutur Wade Beavers, seorang pakar IT sekaligus juga perancang Google Docs. Sedangkan fitur-fitur Google Docs merupakan fitur-fitur yang banyak dipakai saat menulis. Google Docs pun dilengkapi fitur auto-save. Dengan adanya fitur ini, kita tak perlu meluangkan sedikit waktu untuk men-save dokumen. Karenanya, kita akan lebih fokus menyelesaikan dokumen.

Bila kita tak memiliki koneksi internet, Google Docs masih dapat kita gunakan. Dengan kata lain, tanpa koneksi internet, kita masih menggunakannya. Kita mesti menggunakan browser Google Chrome agar Google Docs dapat kita gunakan secara offline. Kita pun mesti mengunduh lalu menginstall ekstensi Google Docs Offline situs google.com. Ekstensi ini dapat kita aktifkan dari menu browser tersebut.

Demikian, penjelasan umum mengenai Google Docs. Kesimpulannya, untuk kebutuhan mengetik mendasar ataupun untuk mengerjakan dokumen Word bersama-sama , Google Docs dapat menjadi alternatif saat software Microsoft Word kita mengalami error. Ataupun, bila kita tak memiliki software tersebut. Selamat menggunakan Google Docs…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.cioupdate.com/trends/article.php/3893936/10-Reasons-to-Use-Google-Docs.htm
2. https://support.google.com/drive/answer/2375012?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=en

Sumber Gambar:
Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar