Rabu, 06 Desember 2017

Jenis-Jenis Format File Video

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/jenis-jenis-format-file-video

Terdapat beragam jenis format file video. Misalnya, file FLV ataupun AVI. Saat kita mengunduh file video, misalnya dari situs YouTube, ataupun akan memutarnya dengan software pemutar video, kita dapat melihat jenis format file video. Lalu, bila kita kaji secara lebih mendalam, apa sesungguhnya perbedaan setiap format file video? Dan juga, apa saja jenis-jenis format file tersebut? Sebagai pengguna komputer, tak ada salahnya kita memahaminya. Berikut beberapa jenis-jenis format file video yang populer digunakan. Selamat menyimak…


Gambar 1. Terdapat Berbagai Format File Video

WMV
Format video ini diciptakan oleh Microsoft. Windows Media Player merupakan software buatan Microsoft untuk memutar file video tersebut. Ditinjau dari aspek kualitas video file WMV biasanya tak terlalu besar. Karenanya, bila dibandingkan dengan video MOV, kualitas video WMV sebenarnya kurang mendetail. Karena berukuran kecil, file WMV begitu praktis untuk diupload ataupun diunduh.

MOV
Format video ini diciptakan oleh perusahaan Apple. QuickTime merupakan software buatan Apple untuk memutar file video tersebut. Ada juga software QuickTime yang dapat dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Windows. Lalu, apa keunikan format file video MOV? Ciri khas file video MOV yaitu tampilan video yang berkualitas sangat baik. Format file video MOV pun biasanya berukuran besar.

FLV
Adobe menciptakan format video FLV. Video FLV pun sering diunduh di beberapa media sosial seperti YouTube. Keunikan file FLV yaitu tak sedikit pengunggah video yang men-convert video format FLV menjadi video format lainnya yang berukuran lebih kecil. Misalnya, agar ukuran file video menjadi lebih kecil, meng-convertnya menjadi format WMV. Meskipun di-convert menjadi video format yang berukuran lebih kecil, tak mengurangi kualitas tampilan video.

MP4
Apa keunikan format file video MP4? Format video yang diperkenalkan pada tahun 1998 menggunakan kompresi video dan audio yang berbeda. Kompresi yaitu memadatkan file agar berukuran menjadi lebih kecil. Nah, kompresi gambar video MP4 menggunakan kompresi H.264. Sedangkan kompresi audio menggunakan kompresi AAC. Kompresi H.264 yaitu sejenis kompresi yang menghasilkan video berkualitas baik meski file berukuran kecil. Sedangkan kompresi AAC yaitu sejenis kompresi yang menghasilkan suara berkualitas baik meskipun file berukuran kecil.

AVI
File video AVI dapat disebut generasi tua file video. Format video ini diciptakan oleh Microsoft pada tahun 1992. Karakteristik video AVI yaitu tak dikompresi. Karena tak dikompresi, video AVI terlihat lebih baik dan berkualitas. Namun, ukuran file AVI menjadi relatif besar. Dalam hal penggunaannya, Video AVI kurang cocok untuk kita upload di media sosial. Sebabnya, karena berukuran besar, membutuhkan waktu lebih lama untuk menguploadnya. Bila kita mendownloadnya, tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Demikian, beberapa jenis file video yang populer digunakan. Semoga tulisan ini semakin menambah wawasan kita tentang seluk beluk dunia komputer. Khususnya dalam bidang videografi.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.motionelements.com/blog/articles/what-you-need-to-know-about-the-5-most-common-video-file-formats
2. https://www.techwalla.com/articles/what-is-the-difference-between-mp4-avi-mpeg

Sumber Gambar
1. Gambar Hasil Desain Penulis

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar