Rabu, 01 November 2017

Mengenal Virus Trojan Horse, Salah Satu Jenis Virus Berbahaya

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/mengenal-virus-trojan-horse-salah-satu-jenis-virus-berbahaya

Pernahkah komputer kita terdeteksi terinfeksi virus Trojan Horse? Ataukah, pernahkah kita mendengar istilah tersebut? Bila komputer kita terinfeksi virus tersebut, sebaiknya tak ‘main-main’ dengan virus yang juga biasa biasa disebut virus Trojan tersebut. Sebabnya, virus ini termasuk salah jenis virus berbahaya. Bagi pengguna komputer pemula, sangat penting memahami virus tersebut Sebabnya, pengguna komputer pemula umumnya belum begitu memahami virus karakteristik tersebut.


Gambar 1. Kuda Troya

Lalu, seperti apa sesungguhnya virus tersebut? Sesuai namanya, cara kerja virus ini ibarat kuda troya. Dalam legenda sejarah Perang Troya, pasukan Sparta bersembunyi di dalam kuda Troya agar dapat menembus benteng musuh. Saat sang musuh melihat kuda tersebut, sama sekali tak curiga. Setelah kuda berada di benteng musuh, para pasukan Sparta keluar dari dalam kuda lalu menghancurkan musuh. Nah, proses masuknya virus Trojan ke dalam sistem komputer pun demikian. Trojan dirancang agar tak dianggap program’ ilegal’ oleh sistem komputer, sehingga dapat masuk ke dalam sistem komputer secara bebas.

Nah, setelah virus Trojan berhasil masuk ke dalam sistem komputer, virus ini memulai aksi jahatnya. Virus ini mampu membuka celah keamanan sistem operasi, mencuri data-data, menyembunyikan data, merusak data, mengganggu kinerja komputer, dan sebagainya. Bahkan, secara konseptual, virus ini mampu mencuri password dan kode-kode pribadi lainnya. Mengerikan bukan? Dengan demikian, sekali lagi, kita sebaiknya tak ‘main-main’ dengan virus ini.

Terkait awal mula virus tersebut, virus ini mulai digunakan sejak dekade 80an. Virus ini diciptakan oleh hacker untuk mencuri data-data penting seperti password ataupun kode-kode rahasia lainnya. Ataupun juga, untuk mencuri file-file penting. Sebagai tips, agar data-data lebih aman, tak ada salahnya memberi password khusus untuk setiap data. Misalnya, memberi password khusus untuk file-file yang berisi profil pribadi. Saat ini, virus tersebut menjadi virus yang biasanya digunakan para kriminalis dunia cyber.

Lalu, dari mana sumber virus Trojan Horse? Virus ini biasanya disusupkan pada file ataupun aplikasi. Setelah kita menjalankan file ataupun aplikasi yang disusupkan virus Trojan, virus ini akan mulai masuk ke dalam sistem komputer. Seperti yang sudah disebutkan, setelah berhasil masuk ke dalam sistem komputer, virus ini mulai bekerja.

Dengan demikian, untuk mencegah virus ini menginfeksi komputer kita, bila kita akan mendownload aplikasi ataupun file sebaiknya download di situs resmi. Ataupun, mendownloadnya di situs yang kredibel ataupun yang terpercaya. Terlebih, bila kita sering mendownloadnya. Ada baiknya juga kita meng-install software antivirus berkualitas. Dan juga, ada baiknya kita rutin meng-updatenya. Tak tertutup kemungkinan, kita tak sengaja mengunduh file yang mengandung virus Trojan.

Sebagai informasi, virus Trojan tak mampu memperbanyak diri. Karenanya, lebih memudahkan software Antivirus untuk membasminya. Demikian, penjelasan singkat mengenai virus Trojan Horse, salah satu jenis virus berbahaya. Semoga menambah wawasan kita tentang dunia komputer.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://usa.kaspersky.com/resource-center/threats/trojans
2. http://www.infoniac.com/hi-tech/the-history-and-description-of-trojan-horse-virus.html

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2014/03/01/15/23/trojan-horse-277525_640.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar