Selasa, 07 November 2017

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Software Adobe Premiere, Software Pengolah Video

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/memahami-kelebihan-dan-kekurangan-software-adobe-premiere-software-pengolah-video

Apakah kita akan mengedit video? Ataukah hobi melakukan hal tersebut? Bila ya, tentunya membutuhkan software pengolah video content yang sangat begitu mumpuni. Nah, salah satu software pengolah video content yang dapat dipertimbangkan untuk kita gunakan yaitu Adobe Premiere. Nah, sebelum menggunakannya, tak ada salahnya memahami kelebihan dan kelemahannya. Bagi yang sudah menggunakannya, tak ada salahnya untuk lebih memahaminya. Berikut kelebihan dan kelemahan software Adobe Premiere.


Gambar 1. Software Adobe Premiere

Kelebihan Adobe Premiere
  • Dapat meng-impor berbagai jenis format video. Misalnya, format AVI ataupun MOV. Dapat juga mengimpor berbagai jenis format suara. Bila kita memiliki banyak sumber video ataupun sumber suara beragam format, menggunakan Adobe Premiere tentunya sangat menunjang pekerjaan.
  • Mengelola elemen-elemen video secara praktis, misalnya gambar latarbelakang dengan suara-suara tertentu, dalam tampilan timeline (alur waktu) yang mudah digunakan dan komunikatif
  • Mampu memadukan banyak efek secara bersamaan. Sebagai informasi, tak semua software pengolah video mampu memadukan banyak efek. Karenanya, membuat tampilan video lebih komunikatif dan aktratif. Sangat cocok bagi seorang kreator video yang mengedepankan kreativitas dalam proses berkarya.
  • Tersedia fitur untuk meng-ekspor video karya kita menjadi format DVD. Tersedia juga fitur untuk meng- format video karya kita menjadi format yang biasanya digunakan di media internet. Bagi yang senang, meng-upload video di media internet, tentunya menggunakan software ini sangat membantu.

Kekurangan Adobe Premiere
  • Fitur Title Maker kurang mumpuni. Adobe Premiere dibekali fitur title maker. Manfaat fitur ini yaitu untuk membuat tampilan judul video yang menarik dan komunikatif. Dengan menggunakan fitur ini, akan menghemat waktu kita untuk membuatnya. Akan tetapi, untuk membuat titlemaker yang terkesan lebih profesional., fitur ini cenderung kurang terpakai.
  • Kurang baik mengedit suara. Adobe Premiere merupakan software yang dirancang untuk mengedit video. Software ini bukanlah software untuk mengedit suara. Karenanya, software ini sebenarnya tak dibekali banyak fitur sound editing yang mumpuni. Nah, agar kualitas suara di video kita lebih baik, sebaiknya gunakan software tambahan untuk mengedit suara. Nah, beberapa software buatan Adobe yang khusus dirancang untuk soundediting yaitu Adobe Audition dan SoundBooth. Sedangkan Beberapa software sound editing lainnya yang dapat kita gunakan antara lain SoundForge ataupun Audacity.
  • Membutuhkan Banyak Plug-In Efek. Bagi yang senang berkreasi membuat video content yang kreatif, tentunya membutuhkan banyak efek. Nah, efek-efek bawaan pada Adobe Premiere sebenarnya kurang memadai untuk membuat video yang kreatif. Nah, agar dapat membuat video kreatif dengan software ini, mesti meng-install beberapa plug-in untuk lebih menunjang pekerjaan kita. Plug-in yaitu aplikasi tambahan yang dipasang pada software

Demikian, kelebihan dan kelemahan software Adobe Premiere. Dengan memahaminya, tentunya sangat membantu membuat video yang lebih menarik. Akhir kata, selamat berkarya membuat video..

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.mediacollege.com/adobe/premiere/pro/intro.html

Sumber Gambar:
1. http://i.stack.imgur.com/vMxU8.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar