Kamis, 19 Oktober 2017

Tanda-Tanda Laptop Overheating dan Tips Mengatasinya – Bag.1

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/tanda-tanda-laptop-overheating-dan-tips-mengatasinya-bag-1

Bila laptop kita overheating (mengeluarkan panas berlebih), sangat berisiko merusak laptop. Sebabnya, sangat berisiko mengakibatkan kerusakan komponen-komponen bagian laptop. Selain itu, bila laptop overheating, biasanya perfoma laptop pun akan menurun. Panas laptop yang berlebih pun sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh penggunanya.

Nah, pada bagian pertama tulisan ini, membahas beberapa tanda laptop yang mengalami overheating. Sedangkan pada bagian kedua tulisan ini, membahas beberapa tips mengatasinya. Lalu, seperti apa tanda-tanda laptop yang mengalami overheating? Berikut beberapa tanda tersebut.


Gambar 1. Seperti Apa Tanda-Tanda Laptop Overheating?

Kipas Laptop Mengeluarkan Suara Bising
Cermati suara putaran kipas. Kita dapat mengetahui apakah laptop overheat dari suara putaran kipas. Bila putaran kipas terdengar tak terlalu bising, maka laptop tak mengalami overheating. Sebaliknya, bila terdengar lebih bising daripada biasanya, kemungkinan besar laptop kita mengalami overheat.

Perfoma Laptop Melambat Saat Melakukan Hal-Hal yang Sederhana
Seperti yang sudah disebutkan, laptop yang overheating menyebabkan menurunnya perfoma laptop. Termasuk perfoma laptop dalam hal melakukan hal-hal yang sederhana. Untuk mengetahui apakah laptop overheat, cermati kinerja laptop saat melakukan hal-hal yang sederhana. Misalnya, saat kita melihat-lihat file di aplikasi Explorer. Bila kinerja laptop melakukan hal-hal tersebut terasa lebih lamban daripada biasanya, kemungkinan besar laptop pun mengalami overheating.

Muncul Error Message
Kita pun dapat mengetahui laptop yang overheating dari sering munculnya error message. Bila tiba-tiba sering muncul error message, padahal sebelumnya tak muncul, kemungkinan besar laptop pun mengalami overheating. Misalnya, tiba-tiba sering muncul message error yang menunjukkan program yang tak dapat dijalankan. Padahal, error message tersebut tak pernah muncul sebelumnya.

Muncul Garis-Garis Pada Layar
Cermati juga layar laptop. Bila muncul garis-garis pada layar laptop, kemungkinan besar komponen-komponen pengolah grafis mengalami overheating. Bila komponen-komponen pengolah grafis mengalami overheating, kemungkinan besar CPU laptop pun mengalami hal yang sama

Laptop Terasa Lebih Panas
Raba seluruh bagian laptop. Apakah ada bagian laptop yang terasa lebih panas dari biasanya? Misalnya, pada area bawah ataupun atas keyboard. Bila laptop kita mengalaminya, kemungkinan besar laptop mengalami overheating. Panas yang berlebih akan menyebar ke beberapa bagian laptop.

Laptop Mendadak Padam
Saat kita menggunakan laptop, lalu mendadak padam, kemungkinan besar laptop mengalami overheating. Sebabnya, bila panas laptop melampaui batas yang ditentukan, laptop dirancang padam mendadak. Sebabnya, bila dalam kondisi panas tersebut tak padam, komponen-komponen laptop berisiko mengalami kerusakan.

Muncul Blue Screen of Death
Secara konseptual, panas laptop yang berlebih dapat mengakibatkan terganggunya jaringan sistem laptop. Bila jaringan sistem laptop mengalami gangguan hebat, biasanya akan muncul Blue Screen yang berisi message terkait kerusakan sistem. Bila setelah Blue Screen muncul lalu laptop tak dapat digunakan. Blue Screen termasuk Blue Screen of Death yang biasa disingkat BSOD. Akan tetapi, BSOD tak lantas menjadi pertanda laptop overheating. BSOD pun dapat muncul karena kesalahan instalasi program, laptop terinfeksi virus, ataupun karena hal sebagainya


Gambar 2. Contoh Blue Screen of Death

Demikian, beberapa tanda laptop yang mengalami overheating. Nah, bila laptop kita mengalami satu atau lebih hal tersebut, bagaimana mengatasinya? Simak bagian kedua tulisan ini.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.lifewire.com/problem-with-overheating-laptops-2377646

Sumber Gambar:
1. Gambar Milik Pribadi. Ilustrasi Hasil Desain Penulis
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3b/Windows_9X_BSOD.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar