Kamis, 05 Oktober 2017

Ingin Menggunakan Laptop Chromebook? Pertimbangkan 3 Hal Berikut

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/ingin-menggunakan-laptop-chromebook-pertimbangkan-3-hal-berikut

Pertengahan tahun 2009, dilansir dari situs wikipedia.com, Google merilis Chrome OS (operating system). Chrome OS yaitu sistem operasi komputer seperti halnya Windows. Saat ini, beberapa laptop menggunakan Chrome OS. Contohnya, Asus Chromebook Flip, dan HP Chromebook 13. Laptop yang menggunakan sistem operasi tersebut biasa disebut Chromebook. Terkait pengguna laptop tersebut, Chrome OS memang tak sepopuler Windows. Menurut suatu penelitian yang dilakukan pada 2007, dilansir dari situs wikipedia.com, 0.56% dari pengguna komputer di seluruh dunia menggunakan Chrome OS. Lalu, seperti apa laptop tersebut? Dan juga, apa keunggulan laptop tersebut? Nah, bila ingin membelinya, simak 3 hal berikut terlebih dahulu.


Gambar 1. Contoh Chromebook

Apakah Kita Terbiasa Menggunakan Internet Hingga Berjam-Jam?
Misalnya, menggunakan internet untuk membaca berita, mengunjungi banyak situs, menonton video-video YouTube, mengisi koten blog pribadi, browsing hal-hal tertentu, dan sebagainya hingga berjam-jam. Bila terbiasa melakukan hal tersebut, membeli Chromebook dapat menjadi alternatif. Karena Chromebook pada dasarnya dirancang untuk berinternet, berinternet menggunakan Chromebook akan terasa lebih lebih nyaman. Terlebih, bila terbiasa berinternet hingga berjam-jam dalam sehari. Kita pun tak perlu repot-repot menginstall browser. Kita pun akan lebih nyaman memasukkan keyword saat browsing.

Apakah Terdapat Hal yang Kita Butuhkan Saat Berinternet?
Saat berinternet, apakah ada hal yang kita butuhkan? Misalnya, kita butuh mengirim atau membuka e-mail, mengisi konten blog pribadi, ataupun meng-upload konten tulisan pada blog pribadi? Nah, apakah ada hal-hal yang kita butuhkan seperti hal tersebut saat berinternet? Bila ya, membeli Chromebook dapat menjadi alternatif. Sebabnya, kita akan lebih nyaman melakukan hal tersebut. Ambil contoh, kita akan lebih nyaman menggunakan browser untuk membuka ataupun mengirim e-mail. Tentu saja, sekali lagi, karena Chromebook pada dasarnya dirancang untuk berinternet.

Cobalah Menjalankan Berbagai Aplikasi Melalui Browser Chrome Dalam Seminggu
Chrome OS pada dasarnya yaitu sistem operasi berbasis browser. Karenanya, untuk melakukan berbagai hal, kita mesti online. Tentunya, membutuhkan koneksi internet. Misalnya, untuk membuat dokumen word, kita dapat mengunjungi situs Google Docs (docs.google.com). Pada situs ini, kita dapat membuat berbagai dokumen secara online. Tersedia juga beberapa aplikasi offline. Kita tak mesti online agar dapat menjalankannya, Aplikasi ini dapat kita download di situs Web Chrome Store.

Nah, sebagai simulasi menjalankan Chrome OS, cobalah menjalankan berbagai aplikasi dari browser Chrome. Lakukan selama kurang lebih seminggu. Misalnya, cobalah untuk membuat dokumen secara online di Google Docs. Bila merasa nyaman menjalankan hal tersebut, membeli Chromebook dapat menjadi alternatif.

Kesimpulannya, laptop Chromebook menjadi inovasi laptop yang berbasis online. Manfaat laptop Chrome akan sangat terasa, bila koneksi internet begitu cepat dan stabil. Sebaliknya, tanpa jaringan internet yang cepat dan stabil, manfaat Chromebook akan kurang terasa.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.computerworld.com/article/2893364/chrome-os/is-chrome-os-right-for-you.html

Sumber Gambar:
1.https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6c/Acer_Chromebook_11_%2824394834161%29.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar