Kamis, 07 September 2017

Trik Memperbesar Foto Tanpa Blur Menggunakan Photoshop

Sudah terbit di: https://steemit.com/foto/@puncakbukit/trik-memperbesar-foto-tanpa-blur-menggunakan-photoshop

Bila kita memperbesar foto berukuran resolusi kecil misalnya 300x300 pixel menggunakan Photoshop, foto akan tampak kurang tajam dan ‘nge-blur’. Bila kita memiliki banyak foto tersebut, apakah dapat diperbesar dengan jelas dengan tajam? Nah, dengan menerapkan trik berikut pada software Photoshop, foto beresolusi kecil yang diperbesar akan tampak lebih tajam tanpa blur. Hanya saja, bila dibandingkan dengan dengan foto beresolusi besar sesungguhnya, tentunya kualitas foto tersebut tentunya lebih baik dibandingkan dengan foto yang diperbesar menggunakan trik tersebut. Namun, trik ini dapat tetap menjadi alternatif untuk memperbesar foto. Lalu, seperti apa trik tersebut? Berikut langkah-langkah memperbesar foto tanpa blur.

  • Buka software Photoshop. Buka foto beresolusi kecil yang akan kita perbesar. Ambil contoh, kita membuka foto berikut. Foto berikut beresolusi 200 x 210 pixel. Resolusi Foto tersebut akan kita perbesar lima kali. Resolusi foto akan menjadi 750x 805 pixel.


    Gambar 1. Foto Beresolusi 200 x 210

  • Klik Image pada menu utama. Lalu, klik image size. Pada kolom Width masukkan nilai 1000, sedangkan pada kolom Height masukan 1050. Centang seluruh kotak pada bagian bawah. Pada kolom Resample Image, pilih Bicubic Smoother. Gambar berikut menunjukkan kotak Image dengan pilihan tersebut.


    Gambar 2. Menu Image Size

  • Klik Image. Lalu, klik Mode. Pilih Lab Color. Lalu, klik Windows. Setelahnya, klik Channel. Pada kolom sebelah kiri, muncul menu Channel. Klik Lightness. Gambar berikut menunjukkan menu tersebut


    Gambar 3. Menu Channel di Sebelah Kanan

  • Klik Filter. Lalu, klik Smart Sharpen. Aturlah nilai Amount dan Radius hingga gambar hitam-putih terlihat lebih jelas dan tak buram. Dan juga, tak terlalu terang dan tak terlalu gelap. Setelah gambar tersebut terlihat lebih jelas, tak terlalu gelap dan tak terlalu terang, kita klik OK.


    Gambar 4. Mengatur Amount dan Radius pada Smart Sharpen

  • Pada menu Channel, klik Lab. Foto akan menjadi berwarna. Cermati apakah foto tampak tajam. Bila foto tampak kurang tajam, ulangi langkah sebelumnya. Aturlah nilai Amount dan Radius hingga gambar hitam-putih terlihat lebih jelas dan tak buram, dan agar tak terlalu terang dan tak terlalu gelap. Gambar berikut menunjukkan hasil perbesaran foto yang yang masih terlihat tajam.


    Gambar 5. Perbesaran Foto yang terlihat Tajam

  • Selanjutnya, klik Menu Image. Lalu, klik menu Image. Klik menu Mode. Lalu, klik RGB Color. Nah, foto hasil perbesaran tersebut dapat kita simpan dengan format JPG

Sebagai perbandingan foto yang langsung diperbesar dengan foto yang menggunakan trik tersebut, dapat kita simak pada gambar berikut. Foto sebelah kiri merupakan foto yang diperbesar menggunakan trik tersebut. Sedangkan foto sebelah kanan menunjukkan foto yang langsung diperbesar. Foto sebelah kiri terlihat lebih tajam dibandingkan foto sebelah kanan.


Gambar 6. Foto Perbandingan

Demikian, langkah-langkah trik memperbesar foto tanpa menggunakan Photoshop. Bila kita banyak memiliki foto beresolusi kecil, dapat menerapkan langkah tersebut.

Oleh: Rahadian

Referensi:
https://www.howtogeek.com/105952/3-simple-ways-to-improve-low-resolution-images-and-typography/

Sumber Gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Gambar Milik Pribadi
4. Gambar Milik Pribadi
5. Gambar Milik Pribadi
6. Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar