Jumat, 15 September 2017

Mengenal dan Memilih Jenis Font yang Sesuai

Sudah terbit di: https://steemit.com/komputer/@puncakbukit/mengenal-dan-memilih-jenis-font-yang-sesuai

Saat ini, tersedia beragam font. Termasuk font yang tersedia di sistem operasi Windows. Kita pun sudah terbiasa menggunakan font tersebut. Misalnya, mengetik dengan menggunakan font Times New Roman, Comic Sans, ataupun Arial. Nah, bila dikategorikan, secara mendasar terdapat empat jenis font. Yaitu, serif, sans serif, decorative, dan script. Lalu, apa perbedaan dan masing-masing jenis font tersebut? Dan juga, font apa yang sebaiknya kita gunakan untuk hal tertentu? Berikut masing-masing karakteristik masing-masing font tersebut

Font Serif
Secara mendasar, ciri khas font serif yaitu adanya tangkai pada bagian huruf tertentu. Misalnya, tangkai pada bagian atas huruf f kecil ataupun r kecil. Ataupun, tangkai pada bagian atas huruf S besar Nah, adanya tangkai pada bagian huruf tertentu membuat huruf terlihat lebih artistik. Karenanya, bila kita menginginkan tampilan tulisan yang lebih bernilai seni, menggunakan font serif menjadi hal tepat.

Beberapa jenis font serif antara lain Times New Roman, Trajan ataupun Garamond. Font-font tersebut tersedia pada sistem operasi Windows.


Gambar 1. Font Garamond, Salah Satu Font Serif.

Font Sans Serif
Font sans serif, secara mendasar, merupakan kebalikan dari font Serif. Pada font sans serif, tak terdapat tangkai sehingga terlihat lebih simple. Nah, dalam keterbacaan, karena tak ada tangkai, font sans serif lebih mudah dibaca. Bila kita menginginkan font yang lebih mudah dibaca, menggunakan font sans serif menjadi hal tepat. Hanya saja, dibandingkan dengan font serif dalam hal tampilan, font sans serif cenderung kurang menarik dan juga cenderung terlihat kaku. Beberapa jenis font serif antara lain Calibri, Century Gothic, dan Future. Font-font tersebut pun tersedia pada sistem operasi Windows.


Gambar 2. Font Futura. Salah Satu Font Serif

Font Decorative
Nah, seperti apa font decorative itu? Pada dasarnya, font decorative merupakan font yang artistik sekaligus mudah ditangkap mata. Karenanya, font decorative sebenarnya merupakan perbaikan dari font serif dan font sans serif. Font ini dapat kita gunakan sebagai teks penghias pada tulisan. Misalnya, dalam tulisan, kita dapat mengetik judul ataupun subjudul dengan font decorative. Sebagai informasi, font decorative mulai digunakan pada media iklan sejak abad ke-19. Berikut beberapa contoh jenis font decorative.


Gambar 3. Contoh Font Decorative

Font Script
Sesuai namanya, font script yaitu font yang menyerupai tulisan tangan. Daya tarik font tersebut yaitu lebih mengalir, lebih elegan, formal namun santai, lebih indah dipandang mata. Dalam hal tampilan, dibandingkan ketiga jenis font sebelumnya, font script terlihat lebih artistik. Tentu saja, karena font ini menyerupai tulisan tangan. Nah, sama halnya dengan font decorative, font script pun dapat kita gunakan sebagai teks penghias. Misalnya, kepala surat undangan, tulisan heading pada brosur, dan sebagainya. Hanya saja, bila teks panjang, kurang tepat menggunakan font script. Sebabnya, membutuhkan waktu lebih lama untuk membacanya. Contoh font tersebut yaitu font Brush Script. Font ini tersedia di Windows.


Gambar 4. Contoh Font Script

Demikian, karakteristik setiap jenis font. Dengan lebih memahaminya, sangat membantu kita memilih font yang tepat. Selamat memilih-milih font…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.fonts.com/content/learning/fontology/level-1/type-anatomy/type-classifications
2. http://www.mmprint.com/blog/2011/typography-typefaces-serif-sansserif/
3. https://www.sitepoint.com/the-decorative-typeface/
4. https://www.fonts.com/content/learning/fyti/typefaces/scripts

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e0/Garamond_sample.svg/2000px-Garamond_sample.svg.png
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/51/Futura_Black_type_specimen.jpg
3. http://www.publicdomainpictures.net/pictures/100000/nahled/royal-alphabet.jpg
4. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Brush_Script_sample.svg/1024px-Brush_Script_sample.svg.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar