Senin, 21 Agustus 2017

Membersihkan Bagian-Bagian Laptop

Seperti halnya kendaraan bermotor, laptop pun perlu juga kita bersihkan secara rutin. Dengan rutin membersihkannya, laptop akan selalu tampak bersih dan ‘kinclong’ sehingga kita akan lebih nyaman menggunakannya. Nah, ditinjau dari fungsinya, laptop terdiri dari tujuh bagian. Yaitu layar, bodi bagian luar, bodi bagian dalam, keyboard, touchpad, kipas, dan panel kabel. Nah, bagaimana membersihkan masing-masing bagian laptop tersebut? Berikut tips membersihkan masing-masing bagian laptop tersebut.

Layar
Ada saatnya layar laptop kotor. Terlebih, bila kita sering menggunakannya di lingkungan outdoor atau ruang terbuka. Sebabnya, debu dan kotoran lainnya lebih mudah menempel pada laptop.Bila layar laptop kotor, tentunya juga mengurangi kenyamanan kita menggunakannya. Untuk membersihkannya, gunakan cairan khusus pembersih layar. Cairan ini relatif mudah kita temukan di toko yang menjual aksesori komputer. Cara menggunakan cairan tersebut tertera dalam kemasannya. Harganya pun relatif terjangkau bagi masyarakat luas.


Gambar 1. Cairan Pembersih Layar

Kipas
Bila kipas laptop jarang kita bersihkan, biasanya kipas akan mengeluarkan suara bising. Bila suara kipas begitu bising, tentunya mengurangi kenyamanan kita menggunakan laptop. Selain itu, memperbesar kemungkinan laptop mengalami overheating atau mengalami panas berlebih. Komponen-komponen laptop lebih mudah rusak bila laptop mengalami overheating. Nah, untuk membersihkan kipas laptop, cara petunjuk membuka kipas dari laptop biasanya tertera di buku manual penggunaan laptop. Bila petunjuk tersebut tak tertera pada buku manual ataupun bila tak memiliki banyak waktu untuk membersihkannya, kita dapat menggunakan jasa ahli untuk membersihkannya.


Gambar 2. Kipas Laptop

Bodi Bagian Luar dan Dalam Laptop
Ada baiknya juga membersihkan bodi bagian luar laptop dan bodi bagian dalam laptop secara rutin. Dengan rutin membersihkannya, laptop akan bersih sehingga akan tampak seolah seperti baru. Karena laptop bersih, kita pun akan lebih nyaman menggunakannya. Untuk membersihkan kedua bagian tersebut, gunakan kain yang lembut. Bila menginginkan bodi yang lebih ‘kinclong’, campurkan alkohol secukupnya dengan air menggunakan perbandingan 1:1. Misalnya, bila menggunakan 100 ml alkohol, campur dengan 100 ml air. Setelahnya, basahi kain lembut dengan campuran tersebut. Lalu, bersihkan bodi bagian luar dan bagian dalam laptop.


Gambar 3. Contoh Produk Alkohol

Keyboard dan Touchpad
Bila keyboard jarang dibersihkan, tak tertutup kemungkinan debu akan menghambat kontak tombol keyboard dengan bagian dalam keyboard. Tombol akan macet bila debu menghalangi kontak. Bila touchpad jarang dibersihkan, jari kita pun lebih mudah kotor saat menyentuhnya. Untuk membersihkan keyboard dan touchpad, gunakan USB vacuum cleaner. Bersihkan bagian dalam keyboard dan permukaan touchpad dengan perangkat tersebut. Perangkat tersebut relatif mudah kita dapatkan di pasaran.


Gambar 4. Contoh USB Vacuum Cleaner

Panel Kabel
Bagian panel kabel pun perlu juga kita bersihkan secara rutin. Selain membuat bagian panel lebih bersih, membersihkan bagian ini sebenarnya akan lebih mempercepat lalu lintas data. Misalnya, mempercepat transfer data dari flashdisk ke laptop. Secara fisikawi, debu menghambat aliran listrik. Untuk membersihkannya, gunakan kain lembut. Bila menginginkan bagian panel lebih bersih, gunakan campuran air dan alkohol seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.


Gambar 5. Panel Kabel Laptop

Demikian, bagian-bagian laptop yang sebaiknya kita rutin bersihkan. Selamat membersihkan laptop…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.lifewire.com/how-to-clean-your-laptop-2377611

Sumber Gambar:
1. http://image.made-in-china.com/2f0j00VMCaLmhWkNbv/LCD-Cleaning-Kit-Screen-Cleaner-Suit-KK9025-.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-VAt_D2n5H_8/Uu-4nH6kJNI/AAAAAAAACSg/Lc_d9DicjiA/s1600/dust-laptop-fan.jpg
3. https://2ecffd01e1ab3e9383f0-07db7b9624bbdf022e3b5395236d5cf8.ssl.cf4.rackcdn.com/Product-800x800/6e1866b8-29b1-4f38-a275-53dd560a4ca0.jpg
4. http://www.besskymall.com/besskymall10/XYQ4081903C_20140820034822601.JPG
http://thumbs.dreamstime.com/z/white-laptop-side-view-plugs-17869358.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar