Senin, 19 Juni 2017

Membuat Formulir Digital Sederhana dengan Microsoft Word Bag. 2 - Selesai

Pada bagian pertama tulisan ini, dibahas cara membuat input untuk mengisi karakter seperti input nama ataupun input alamat. Nah, pada bagian kedua ini, akan dibahas cara membuat kotak yang terdiri dari beberapa opsi. Kotak ini biasa digunakan dalam formulir. Berikut contoh kotak kategori usia yang terdiri dari beberapa opsi.


Gambar 1. Kotak yang Terdiri dari Beberapa Opsi. Kotak Ini Biasa Digunakan Dalam Formulir.

Lalu, bila kita ingin menggunakan kotak tersebut dalam formulir yang kita buat, bagaimana cara membuatnya? Ambil contoh, kita membuat kotak seperti yang terlihat pada gambar pertama di atas tersebut. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Ketik Pilih Kategori Usia Anda pada halaman word. Di bawah teks tersebut, ketik juga Ket: Klik untuk Memilih Kategori Usia Anda. Nah, agar pengisi formulir tak dapat merubah dan menghapus teks tersebut, gunakan fitur locking. Untuk menggunakan fitur ini, telah dijelaskan pada bagian pertama tulisan ini.

  • Klik kotak Control yang berada di pojok kiri aplikasi. Untuk memunculkan kotak ini, telah dijelaskan juga pada bagian pertama tulisan ini. Setelah mengklik kotak kontrol, klik ikon Drop Down List. Lalu, muncul kotak bertuliskan Choose a Item.


    Gambar 2. Ikon Drop Down List


    Gambar 2. Kotak Choose An Item

  • Klik kotak tersebut. Lalu, klik kotak Control. Lalu, klik Design Mode. Setelah mengkliknya, tampilan kotak akan terlihat menjadi seperti berikut. Lalu, klik tulisan Choose an Item. Ganti Tulisan ini, dengan tulisan Kategori Usia Anda. Setelahnya, klik kembali kotak Kontrol. Lalu, klik Design Mode


    Gambar 3. Mengganti Teks Choose an Item dengan Kategori Usia

  • Klik kembali kotak tersebut. Lalu, klik kotak Control. Lalu, klik Properties. Akan muncul jendela Content Control Properties. Pada menu locking, centang Content can’t be edited dan Content can’t be deleted. Tujuannya, agar pengisi formulir tak dapat menghapus ataupun mengubah isi kotak tersebut.


    Gambar 3. Jendela Content Control Properties

    Sekarang saatnya mengisi opsi-opsi pilihan pada kotak. Caranya, pada menu Drop Down Properties, klik Add. Klik Choose an item, lalu klik Remove. Lalu, klik Add. Pada Display Name dan value, tuliskan seluruh kategori usia. Lebih detailnya, dapat kita amati pada gambar berikut. Setelah seluruh kategori kita isikan, kotak beropsi tersebut sudah selesai kita kerjakan. Hasil kerja kita dari langkah pertama dapat kita amati pada gambar pertama di atas.


    Gambar 4. Mengisi Opsi-Opsi Pilihan.
Itulah, langkah-langkah mudah dan praktis membuat kotak beropsi dengan menggunakan Microsoft Word. Nah, bila formulir membutuhkan tanda tangan sebagai legalisasi pengisian, kita dapat mengganti dengan tulisan “Dengan ini, saya menyatakan data-data yang diisi adalah benar” di bagian bawah formulir. Tentu saja, tulisan tersebut kita lock agar pengisi formulir tak dapat merubahnya ataupun menghapusnya. Cara me-lock teks sudah dijelaskan pada bagian pertama tulisan ini

Kesimpulannya, membuat formulir digital lebih mudah dan lebih murah dibandingkan mencetak formulir pada kertas. Selamat membuat formulir...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.online-tech-tips.com/ms-office-tips/how-to-create-fillable-forms-in-word/

Sumber gambar:
1,2,3,4: Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar