Selasa, 23 Mei 2017

Terbiasa Mengetik Menggunakan Microsoft Word?
Gunakan Fitur Style Agar Tampilan Tulisan Lebih Menarik dan Komunikatif

Meskipun aplikasi Word begitu populer di kalangan pengguna komputer, tak semua pengguna aplikasi tersebut mengenal seluruh fitur aplikasi word processing buatan Microsoft tersebut. Nah, salah satu fitur yang kurang begitu dikenal dan kurang begitu dipahami sebagian pengguna aplikasi Word yaitu fitur Style. Lalu, apa sesungguhnya kegunaan fitur tersebut? Dan juga, mengapa kita sebaiknya menggunakan fitur tersebut? Berikut penjelasan singkat mengenai fitur tersebut. Selamat menyimak.

Fitur Style, secara mendasar, merupakan tema tampilan huruf. Posisi tab Style terletak pada bagian menu utama.


Gambar 1. Posisi Tab Fitur Style di Menu Word


Gambar 2. Tampilan Tab Fitur Style, Bila Diperbesar

Nah, apa kegunaan fitur tersebut? Umumnya, para pengguna Word menggunakan jenis font yang sama untuk setiap bagian tulisan. Ambil contoh, bila menggunakan font berjenis Times New Roman, judul dan isi tulisan menggunakan jenis font yang sama. Bila hasil tulisan di-print, cenderung memunculkan kesan monoton dan kurang menarik. Karena cenderung memunculkan kesan monoton dan kurang menarik, tak tertutup kemungkinan pembaca sama sekali tak tertarik menyimaknya.

Nah, agar tampilan tulisan terlihat menarik dan komunikatif, kita dapat menggunakan jenis font yang berbeda untuk setiap bagian tulisan. Inilah sebenarnya kegunaan fitur tersebut. Dengan menggunakan fitur style, kita tak perlu bingung memilih jenis dan ukuran huruf yang sesuai. Kita pun tak perlu repot menata dan menghias tulisan agar tampilan tulisan terlihat lebih menarik dan komunikatif. Sebagai perbandingan tulisan yang menggunakan fitur style dengan tulisan yang tak menggunakan fitur tersebut, dapat kita amati pada contoh berikut.


Gambar 3. Gambar Kiri Merupakan Tulisan yang Menerapkan Fitur Style. Sedangkan Gambar Kanan Tak Menerapkan Fitur Style. Gambar Kiri Terlihat Lebih Menarik dan Komunikatif

Untuk menggunakan fitur Style, klik Change Style lalu klik Font. Lalu, muncul pilihan tema huruf berikut.


Gambar 4. Pilihan Tema-Tema Huruf

Diantara tema-tema huruf tersebut, pilihlah tema font yang sesuai dengan tulisan kita. Ambil contoh, bila sedang menyelesaikan laporan perusahaan, kita dapat memilih tema Office Classic. Tema ini, sesuai namanya, membuat tulisan terlihat lebih formal. Setelah memilih tema huruf, sesuaikan bagian tulisan dengan kotak yang berada pada samping kiri tab Style. Misalnya, pada bagian judul tulisan. Klik judul yang tertera pada Word, lalu klik kotak berlabel Title. Bila pada tulisan terdapat sub bab, kita dapat menggunakan kotak berlabel heading.

Setelah memilih tema huruf, kita tentukan gaya tampilan tulisan. Caranya, klik kembali Change Style lalu klik Style Set. Lalu, muncul pilihan Style Set. Nah, pilihlah Style Set kita inginkan. Ambil contoh, kita dapat menggunakan Elegan agar tampilan tulisan terlihat eksklusif.


Gambar 5. Pilihan Style Set


Gambar 6. Contoh Tampilan Tulisan dengan Style Set Elegant dan Theme Font Verdana. Tampilan Tulisan Ini Terlihat Menarik dan Lebih Komunikatif

Demikian, penjelasan singkat mengenai fitur Style pada Microsoft Word. Kesimpulannya, agar tulisan lebih menarik, lebih komunikatif, lebih dinamis, tak terlalu kaku, dan lebih merangsang minat pembaca untuk menyimak tulisan kita secara mudah dan praktis, gunakanlah fitur style. Nah, ingin mencoba fitur ini? Bila ya, selamat mencoba fitur tersebut…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
Gambar 1,2,3,4,5,6: Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar