Kamis, 02 Februari 2017

Mengatasi Laptop yang Terkena Air

Air sesungguhnya menjadi musuh bagi barang elektronik. Bila barang elektronik terkena air, sangat berisiko mengakibatkan kerusakan. Terlebih, bila air bersifat korosif (mempercepat proses karatan). Contoh air yang bersifat korosif antara lain anggur, jus, dan kopi. Nah, karena laptop termasuk barang elektronik, saat laptop tak sengaja terkena air, kita sebaiknya segera mengantisipasinya. Tentu saja, untuk mencegah kerusakan laptop. Lalu, bila laptop tak sengaja terkena air misalnya air minum, air teh, ataupun air hujan, apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut langkah-langkah mengantisipasi laptop yang terkena air.


Gambar 1. Laptop yang Terkena Tumpahan Air Kopi

Pertama, Segera Lepaskan Baterai
Segera lepaskan baterai, bila air mengenai laptop. Terlebih, bila laptop sedang menyala. Sebabnya, bisa saja air masuk ke bagian dalam laptop. Nah, bila air masuk ke dalam bagian dalam laptop sangat berisiko mengakibatkan kerusakan rangkaian sejumlah komponen laptop. Beberapa contoh komponen tersebut yaitu komponen keyboard, memory, dan komponen-komponen motherboard.

Kedua, Letakkan Laptop Dalam Posisi Berikut
Setelah melepaskan baterai, simpan laptop seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Yaitu, posisi laptop berdiri dalam posisi terbaik. Lalu, mengapa meletakkan laptop dalam posisi tersebut? Dengan meletakkan laptop dalam posisi tersebut, lebih mencegah air memasuki bagian dalam laptop yang lebih dalam. Tunggulah selama beberapa menit hingga air keluar dari bagian dalam laptop.


Gambar 2. Menyimpan Laptop dalam Posisi Berdiri Terbalik

Ketiga, Keringkan Bagian Luar Laptop dengan Kain ataupun Handuk
Letakkan laptop dalam posisi layar terbuka. Lalu, ambillah kain atau handuk. Lalu, keringkan seluruh bagian luar laptop seperti layar ataupun keyboard. Nah, bila kita memiliki Hair Dryer, dapat memanfaatkannya untuk mengeringkan bagian luar laptop.

Bila Laptop Basah Kuyup Terkena Air, Eram Laptop di Dalam Wadah Beras
Meskipun laptop sudah diletakkan dalam posisi gambar pada ditunjukkan pada langkah kedua, tak tertutup kemungkinan masih ada air di bagian dalam laptop. Terlebih, bila laptop basah kuyup karena terkena air. Misalnya, terkena guyuran air hujan. Agar bagian dalam laptop terbebas sepenuhnya dari air, sangat disarankan mengeram laptop di dalam beras selama minimal satu hari. Sebabnya, daya serap air oleh beras diyakini begitu baik.

Nah, meskipun beras menjadi solusi praktis untuk mengeringkan laptop, beras tak akan menjadi solusi bila kita kurang sabar menunggu laptop hingga kering seutuhnya. “Beras tidak akan membantu menyerap air yang ada di chip ataupun komponen mikro. Masalahnya, orang tak sabar menunggu proses pengeringan laptop hingga seutuhnya kering”, tutur Alex Mouravskiy, pemilik service komputer di South Carollina.

Demikian, langkah-langkah mengantisipasi laptop yang terkena air. Bila laptop kita tak sengaja terkena air, kita dapat melakukan langkah-langkah tersebut sebelum membawanya ke tempat service laptop. Nah, bila laptop tak menyala setelah melakukan langkah-langkah tersebut, ada baiknya memperbaikinya di tempat service laptop terdekat.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://img.ehowcdn.com/article-new/ehow/images/a07/mc/d2/do-liquid-dell-laptop-computer-800x800.jpg
2. http://pad1.whstatic.com/images/thumb/b/b5/Save-a-Laptop-from-Liquid-Damage-Step-3-Version-3.jpg/aid77721-728px-Save-a-Laptop-from-Liquid-Damage-Step-3-Version-3.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar