Rabu, 25 Januari 2017

Trik-Trik Praktis Mempercepat Kinerja CPU

Dengan kinerja CPU yang cepat, sangat menghemat waktu kita saat mengoperasikan laptop ataupun komputer desktop. Terlebih, bila kita sedang menyelesaikan begitu banyak pekerjaan. Nah, bila kita merasa kinerja CPU, baik pada laptop ataupun komputer desktop, kurang begitu cepat, bagaimana cara untuk meningkatkannya? Berikut trik-trik praktis yang dapat kita coba untuk mempercepat kinerja CPU.

Trik Pertama, Matikan Aplikasi yang Sebenarnya Tak Dibutuhkan Pada Jendela Task Manager
Masuklah ke menu Task Manager. Caranya, tahan Control+Alt+Del. Lalu, klik Task Manager. Setelah jendela Task Manager muncul, masuk ke menu Process. Pada menu Process, terdapat beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Nah, diantara aplikasi-aplikasi tersebut, pilihlah satu atau lebih aplikasi yang sebenarnya tak dibutuhkan. Setelah memilihnya, matikan dengan meng-klik End Process.


Gambar 1. Jendela Task Manager

Trik Kedua, Tetapkan Settingan High Perfomance pada Power Plan
Klik Control Panel. Setelah menu Control Panel muncul, ketik Power Plan pada kotak search lalu klik Choose a Power Plan. Pada jendela Select Power Plan, klik Plan Setting. Setelahnya, klik Change Advanced Power Setting yang berada di bagian bawah jendela. Nah, pilihlah settingan High Perfomance pada pilihan settingan Power Plan.


Gambar 2. Settingan High Perfomance Pada Power Plan

Hanya saja, menerapkan trik ini cenderung menyebabkan laptop lebih boros mengkonsumsi tenaga baterai. Tentu saja, karena sistem laptop akan mengutamakan performa daripada penghematan konsumsi tenaga baterai. Dengan demikian, kita sebaiknya tak menerapkan trik saat sedang dalam perjalanan ataupun saat berada jauh dari sumber listrik. Gunakan trik ini hanya saat laptop tercolok dengan sumber listrik. Ataupun, saat kita tak berada begitu jauh dari sumber listrik. Saat baterai laptop berada dalam kondisi ‘lowbat’, kita dapat langsung men-chargenya.

Trik Ketiga, Gunakan Kipas Tambahan
Panas pada prosesor sebenarnya memengaruhi kinerjanya. Bila panas yang dihasilkan prosesor amat tinggi, kinerja prosesor sebenarnya akan menurun. Sebabnya, bila kinerja prosesor tak menurun saat menghasilkan suhu yang begitu panas, prosesor akan mudah rusak. Sebagai informasi, pada beberapa produk laptop, laptop akan mendadak padam bila prosesor menghasilkan panas yang ekstrem. Hal ini perlu dilakukan agar prosesor laptop tak rusak.

Nah, dengan demikian, bila kita menggunakan laptop gunakan kipas tambahan untuk menurunkan panas prosesor. Agar menurunkan suhu prosesor secara lebih optimal, sebaiknya gunakan kipas tambahan laptop yang berkualitas baik. Bila kita menggunakan komputer desktop, tak ada salahnya mengganti kipas CPU dengan kipas CPU yang lebih berkualitas.


Gambar 3. Kipas Tambahan Laptop

Demikian, beberapa trik praktis meningkatkan kinerja CPU. Bila kita merasa laptop ataupun komputer desktop kita kurang begitu cepat, tak ada salahnya menerapkan trik-trik yang sudah dijelaskan. Tentu saja, agar menghemat waktu kita menyelesaikan pekerjaan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. http://ecx.images-amazon.com/images/I/91xFdjolZSL._SL1500_.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar