Senin, 23 Januari 2017

Keunggulan Prosesor Intel Core i3,i5, dan i7

Intel, perusahaan microchip terbesar di dunia, begitu merajai teknologi prosesor komputer. Karenanya, selalu menghasilkan beragam produk prosesor berkualitas baik. Termasuk juga prosesor Intel Core i3, i5, dan i7. Laptop dengan salah satu prosesor tersebut menjadi primadona bagi sebagian besar pemakai laptop. Akan tetapi, banyak pemakai laptop yang kurang memahami keunggulan-keunggulan masing-masing prosesor ini. Lalu, apa saja keunggulan-keunggulan masing-masing prosesor tersebut?


Gambar 1. Prosesor Intel Core i3,i5, dan i7

Prosesor Intel Core i3
Keunggulan yang ditawarkan prosesor i3 yaitu teknologi hyper threading. Dengan teknologi ini, laptop dapat ber-multi tasking (menjalankan banyak proses dan banyak aplikasi sekaligus) dengan lebih stabil. Dan juga, kita dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi tanpa membuang banyak waktu. Sebagai informasi, dilansir dari beberapa sumber, teknologi hyper threading milik Intel lebih baik dari pada teknologi hyper threading prosesor AMD, pesaing Intel. Nah, bagi yang terbiasa bekerja dengan membuka banyak aplikasi, misalnya membuka CorelDraw, Photoshop, Antivirus sekaligus, laptop berprosesor Intel Core i3 layak menjadi pilihan.

Prosesor Intel Core i5
Prosesor Intel Core i5 menawarkan teknologi turbo boost dan hyper threading. Seperti yang sudah dijelaskan, dengan teknologi hyper threading, proses multi tasking akan lebih cepat dan stabil. Lalu, seperti apa teknologi turbo boost? Teknologi ini akan menaikkan ataupun menurunkan kecepatan prosesor, mengacu kepada panas yang dihasilkan prosesor dan proses yang sedang berjalan pada prosesor. Semakin prosesor dingin dan semakin sedikit proses pada prosesor, maka kecepatan prosesor akan meningkat. Sebaliknya, semakin prosesor panas dan semakin banyak proses, maka kecepatan prosesor akan menurun. Perubahan kecepatan prosesor ini membuat kinerja prosesor lebih efektif. Dan juga, membuat prosesor lebih awet. Nah, perpaduan teknologi hyper threading dengan turbo boost akan menghasilkan kinerja laptop yang lebih cepat dan stabil.

Prosesor Intel Core i7
Sama seperti prosesor Intel Core i5, prosesor Intel Core i7 pun menawarkan teknologi hyper threading dan turbo boost. Lalu, hal apa yang membedakan kedua prosesor tersebut? Salah satu hal yang membedakan keduanya yaitu memory cache. Kapasitas memory cache Intel Core i7 lebih besar daripada kapasitas memory Intel Core i5. Lalu, apa itu cache? Cache yaitu memory yang disematkan pada prosesor. Semakin besar jumlah cache, seperti halnya RAM, kinerja laptop akan semakin cepat. Ambil, contoh proses Intel Core i7 tipe 6800K. Kapasitas cache pada memory ini yaitu 15 MB.

Demikian, keunggulan-keunggulan prosesor intel Core i3, i5, dan i7. Kesimpulannya, masing-masing prosesor ini membuat kita bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien. Nah, bila tak menggunakan laptop dengan salah satu prosesor tersebut, tertarik membeli laptop berprosesor Intel Core i3, i5, ataupun i7? Bila iya, selamat membeli lalu merasakan kecanggihan teknologi prosesor intel...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://nepalit.com/wp-content/uploads/2012/10/Intel-Core-3rd-Gen.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar