Selasa, 24 Januari 2017

Cermati Kode Huruf Prosesor, Saat Akan Membeli Laptop Berprosesor Intel Core i3, i5, ataupun i7

Bila kita memutuskan untuk membeli laptop berprosesor Intel Core i3, i5, ataupun i7, ada baiknya mencermati huruf yang terdapat pada kode prosesor. Terlebih, bagi pembeli laptop pemula. Sebabnya, kode ini mencerminkan karakter prosesor. Ambil contoh, perhatian kode berikut: i7-7500U. Kode ini mengandung huruf U. Contoh lainnya, perhatikan kode berikut: i7-7Y75 Kode ini mengandung huruf Y. Lalu, apa saja huruf-huruf yang terdapat pada kode prosesor? Berikut huruf-huruf yang digunakan pada prosesor Intel


Gambar 1. Kode Prosesor Intel Tertera Pada Spesifikasi Laptop

  • Kode H : Perfoma grafis yang tinggi. Contohnya, i3-6100H
  • Kode Q : Menggunakan quadcore prosesor. Contohnya, i7-6920HQ
  • Kode K : Prosesor dengan kode huruf K dapat di-overclock. Contohnya, i7-6700
  • Kode U : Konsumsi daya listrik yang rendah. Contohnya, i7-5650U
  • Kode M : Prosesor dual core yang dirancang untuk melakukan operasi computing secara mobile. Contohnya, i7-4940MX
  • Kode Y : Konsumsi daya listrik yang sangat rendah. Contohnya, i7-7Y75
  • Kode X: : Edisi ekstrem. Contohnya, Contohnya, i7-4940MX

Memilih Prosesor yang Sesuai Kebutuhan
Bagi yang belum mengenal seluk beluk prosesor Intel, akan dibingungkan dengan banyaknya pilihan tipe prosesor Intel. Lalu, diantara sekian banyaknya tipe prosesor, laptop dengan prosesor manakah yang sebaiknya kita pilih? Agar membeli laptop dengan tipe prosesor yang tepat, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kita terkait penggunaan laptop. Berikut beberapa jenis kebutuhan, serta bagaimana tipe prosesor apa yang sesuai dengan masing-masing kebutuhan tersebut.

  • Bermain Game. Bila kita termasuk gamer mania ataupun senang bermain game-game ‘berat’, seperti game kekinian yang menggunakan tatap muka 3D, sebaiknya pilih laptop dengan prosesor berkode huruf H ataupun HQ. Tentu saja, karena menawarkan kualitas grafis yang mumpuni.
  • Membutuhkan Menggunakan Laptop Saat Bepergian. Bila kita sering menggunakan laptop saat bepergian, misalnya mengetik ataupun mendengarkan musik saat dalam perjalanan, sebaiknya pilihlah laptop dengan prosesor berkode huruf U ataupun Y. Sebabnya, baterai tak cepat habis sehingga kita dapat menggunakannya dalam waktu yang lama.
  • Membutuhkan Laptop Untuk Computing, Misalnya Membuat Program, Saat Berada di Luar Ruangan. Nah, bila kita menginginkan laptop dengan kualitas komputing yang baik di luar ruangan, misalnya membuat program komputer ataupun meng-edit gambar di dalam kereta, pilihlah laptop dengan prosesor berkode huruf M ataupun MX.
  • Mengoprek-oprek prosesor. Nah, bagi senang mengoprek-oprek prosesor, pilihlah laptop dengan prosesor berkode huruf K. Tentu saja,karena prosesor dapat di-overclock.

Demikian, arti kode huruf prosesor baik pada prosesor intel core i3, i5, dan i7. Dengan memahami arti kode huruf prosesor, maka membantu kita untuk memilih prosesor yang tepat sehingga dapat lebih menghemat isi kantong kita. Akhir kata, selamat menggunakan laptop berprosesor Intel Core...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.pcper.com/files/imagecache/article_max_width/review/2013-05-14/specs.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar