Senin, 26 Desember 2016

Mengembalikan Data yang Hilang pada Memory Card/Flashdisk

Pernahkah secara tidak sengaja Anda memformat memory card atau flashdisk Anda? Pengertian format di sini adalah menghapus semua data yang ada di memory card atau flashdisk.

Pada kasus tertentu, seperti misal memory card/ flashdisk yang terserang virus juga bisa mengakibatkan hilangnya file-file pada memory card/flashdisk.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal itu? Apalagi jika data-data tersebut merupakan data-data penting. Bagi sebagian orang, terlebih orang awam, mungkin mereka hanya bisa mencoba untuk merelakan data yang hilang itu. Namun, karena semakin majunya teknologi, masalah tersebut bisa diatasi.

Sekarang ini, sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang (recovery). Baik itu karena dihapus atau terformat.

Salah satu aplikasi recovery data yang paling populer adalah GetDataBack Full. GetDataBack terbagi menjadi dua macam. Yaitu GetDataBack for NTFS (untuk recovery data pada harddisk) dan GetDataBack for FAT (untuk recovery data pada flashdisk/memory card).

Pada artikel kali ini, akan dibahas cara recovery data pada flashdisk atau memory card. Selain itu, perlu diketahui juga, bahwa aplikasi-aplikasi recovery data tidak menjamin 100% data kembali. Hanya beberapa saja.

  1. Pertama, yang harus dipersiapkan adalah software GetDataBack Full. Anda bisa mendownload-nya dari internet. Kemudian, Extract software GetDataBack Full di mana saja.
  2. Kemudian, double klik GetDataBack for FAT.exe karena kita ingin recovery data pada memory card/ flashdisk.
  3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\home.png
    Gambar 1. Tampilan Awal Aplikasi GetDataBack

    Ada 4 pilihan recovery. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Apabila ingin mengembalikan data yang terformat, pilih nomor 2. Jika ingin mengembalikan data yang terhapus, pilih nomor 4. Klik Next.
  4. Aplikasi akan melakukan scan drives. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\kotak.png
    Gambar 2. Memilih Drive yang Akan di Recovery

    Klik Logical Drives, maka akan muncul drive memory card/ flashdisk. Pilih drive yang ingin di-recovery. Nantinya, pada kotak Details about akan muncul informasi mengenai drive memory card/ flashdisk. Seperti misal label drive, ukuran drive, dan lain sebagainya.
    Klik Next.
  5. Aplikasi akan melakukan proses pencarian file. Kira-kira screen capture-nya adalah seperti ini.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\searchfat.png
    Gambar 3. Proses Pencarian File
  6. Setelah proses pencarian file selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\filesystem.png
    Gambar 4. Memilih Drive yang Akan di-restore Datanya

    Pada bagian Found File System, pilih drive yang ingin di-restore datanya. Kemudian, klik Next.
  7. Tunggu sebentar, aplikasi akan melakukan extracting directories entries. Apabila proses extracting itu sudah selesai, folder-folder yang hilang pun akan muncul. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\lol.png
    Gambar 5. Folder-folder yang Hilang Mulai Muncul Kembali

    Pada bagian directories (kotak kiri) merupakan folder yang berhasil ditemukan. Sementara bagian Files (kotak kanan) merupakan file-file yang berada pada folder di sebelah kiri.
  8. Selanjutnya, pilih folder yang ingin kita kembalikan. Kemudian, klik Copy. Tentukan lokasi untuk menyimpan data hasil copy-an tersebut.

    E:\Punya Gue\Sreenshot\lolcopy.png
    Gambar 6. Memilih Folder yang Akan dikembalikan

    Kemudian, klik OK.

Seperti sudah dijelaskan di awal, aplikasi ini tidak dapat mengembalikan data-data Anda 100%. Namun, apabila ada sebagian data penting yang ditemukan, bukankah itu sangat berharga?

Yosh, itu tadi adalah langkah-langkah untuk mengembalikan data yang hilang menggunakan aplikasi GetDataBack. Semoga bermanfaat, ^^

Oleh: Nira Kunea

Referensi :
http://akuanakduito.blogspot.com/20/12/04/gratis-download-get-data-back-full-421.html
Sumber Gambar :
Dokumen Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar