Kamis, 06 Oktober 2016

Perawatan Flash Disk

Bagi pemakai komputer, flash disk menjadi media yang tak asing lagi. Nah, seperti halnya laptop, flash disk pun sebenarnya membutuhkan perawatan juga. Dengan merawatnya, tentunya akan memperpanjang masa pakai hardware berukuran mini yang berfungsi menyimpan data ini. Lalu, bagaimana cara merawatnya? Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat Flash Disk agar awet


Gambar 1. Aneka Flash Disk

Tutup Flash Disk Saat Tak Digunakan
Bila debu dan kotoran lainnya menempel pada bagian ujung flash disk, berisiko menghambat proses transfer data. Karena proses transfer data terhambat, bisa saja flash disk tak dapat digunakan sama sekali. Nah, agar debu dan kotoran tak menempel, tutup flash disk bila tak digunakan. Bila penutup flash disk hilang, kita dapat memasukkannya ke dalam wadah yang bersih agar ujung flash disk tetap bersih. Misalnya, memasukkanya ke dalam tas ataupun kotak pensil. Nah, bila flash disk kita berbentuk drop-in (tak ada penutup), masukkan flash disk ke dalam badan flash disk, bila tak digunakan.

Hindari Membaca Langsung Di Media Flash Disk. Copy-kan Data Ke Hard Disk Terlebih Dahulu.
Ambil contoh, sebaiknya kita tak memutar file MP3 langsung di media flash disk. Copy-kan file MP3 ke Hard Disk terlebih dahulu. Setelah meng-copy, kita dapat memutarnya. Contoh lainnya, kita sebaiknya tak memutar file film langsung di media ini. Copy-kan file film ke hard disk terlebih dahulu sebelum memutarnya. Bila kita langsung memutarnya di flash disk, flash disk akan bekerja sangat keras untuk membacanya. Karenanya, sangat berisiko mengurangi masa pakai hardware ini. Terlebih, bila file yang dibaca berukuran sangat besar.

Setelah Transfer Data, ‘Eject’ Terlebih Dahulu Sebelum Mencabut Flash Disk dari Laptop,
Setelah transfer data selesai, baik dari flash disk ke laptop ataupun dari laptop ke flash disk, sebaiknya‘eject’ terlebih dahulu bila akan mencabutnya. Sebabnya, bisa saja proses transfer data masih berlangsung. Nah, bila mencabut flash saat proses transfer data masih berlangsung, kemungkinan besar menyebabkan kerusakan sistem penyimpanan flash disk. Selain itu, berisiko juga menyebabkan file yang kita transfer menjadi ‘corrupt sehingga tak dapat kita buka.


Gambar 2. Meng-Eject Flash Disk

Hindari Terkena Sinar Panas Matahari dan Jauhkan dari Barang Elektronik yang Memancarkan Gelombang Elektromagnetik Jauhkan flash disk dari sinar panas matahari. Sebabnya, bila terkena sinar panas matahari, berisiko menyebabkan kerusakan flash disk. Jauhkan juga dari barang elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Sebabnya, gelombang ini pun berisiko merusak komponen-komponen flash disk. Beberapa contoh barang elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik diantaranya televisi, ponsel, modem wifi, ataupun aneka hardware wireless.

Demikian, beberapa hal yang dapat kita lakukan terkait perawatan flash disk. Agar flash disk kita awet, tak ada salahnya menerapkan hal-hal yang sudah dijelaskan. Selamat merawat flash disk...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://image.made-in-china.com/2f0j00svSTCdLREIbH/USB-Flash-Disk-UDF305-.jpg
2. Gambar Milik Pribadi

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar