Kamis, 29 September 2016

5 Hal yang Sebaiknya Kita Perhatikan Saat Menggunakan Webcam Laptop untuk Ber-Video Chatting

Saat ini, kebanyakan laptop yang tersedia di pasaran dilengkapi fitur webcam. Dengan adanya fitur ini, kita dapat ber-video chatting dengan teman ataupun kerabat kita. Misalnya, ber-video chatting melalui Skype. Nah, agar gambar yang terekam webcam dan juga agar suara lebih berkualitas, tak ada salahnya memperhatikan lima hal berikut. Dengan gambar dan suara yang lebih berkualitas, tentunya akan menambah kenyamanan ber-video chating. Nah, apa sajakah hal-hal tersebut? Berikut 5 hal yang sebaiknya kita perhatikan saat kita menggunakan webcam untuk ber-video chatting.


Gambar 1. Webcam Laptop


Gambar 2. Saat Ber-video Chatting

Pertama, Latar Belakang

Mengapa sebaiknya memperhatikan latar belakang saat kita menggunakan webcam untuk ber-video chatting? Bila kurang memperhatikan latar belakang, tak tertutup kemungkinan lawan bicara kita akan sulit fokus memandang kita. Terlebih, bila di belakang kita terdapat banyak barang. Karenanya, bisa saja mengurangi kenyamanannya ber-video chatting dengan kita. Lalu, bagaimana latar belakang yang baik? Dengan memampangkan kain berwarna gelap seperti hitam sebagai latar belakang, membantu lawan bicara untuk lebih fokus memandang wajah kita.

Kedua, Pencahayaan

Intensitas cahaya pun mempengaruhi kualitas gambar yang terekam webcam. Bila terlalu gelap, wajah kita cenderung terlihat gelap di layar laptop lawan bicara. Bila intensitas cahaya terlalu terang, lawan bicara pun akan kesulitan memandang detail wajah kita. Misalnya, saat menunjukkan ekspresi sedih ataupun gembira. Lalu, bagaimana pencahayaan yang baik? Sebaiknya, tempatkan tiga spot cahaya yaitu di sebelah kanan laptop, sebelah kiri laptop, dan di belakang laptop.

Ketiga, Suara di Sekitar Kita

Saat kita sedang ber-video chatting, tak tertutup kemungkinan suara di sekitar kita ikut terekam juga ke microphone. Karenanya, bila ikut terekam, bisa saja terdengar oleh lawan bicara sehingga menyulitkannya mendengarkan kata yang kita ucapkan. Untuk menghindarinya, perhatikan suara di sekitar kita. Bila terdengar riuh, sebaiknya kita mencari tempat yang tenang agar lebih nyaman ber-video chatting.

Keempat, Posisi Kepala

Bagaimana sebaiknya posisi kepala saat sedang ber-video chatting? Sebaiknya, posisi kepala lebih rendah daripada posisi webcam. Sebabnya, bila posisi kepala lebih tinggi daripada posisi webcam, kemungkinan besar tak seluruh bagian kepala akan terekam. Tentunya, bila tak seluruh bagian kepala terekam, proses komunikasi akan terhambat. Nah, bila posisi kepala lebih rendah dari posisi webcam, maka seluruh bagian kepala akan terekam.

Kelima, Kebersihan Wajah

Apa kaitan wajah yang bersih dengan kenyamanan ber-video chatting? Dengan wajah yang bersih, saat ber-video chatting, memudahkan lawan bicara memandang ekspresi wajah kita. Misalnya, saat tersenyum ataupun berpikir serius. Sebaliknya, bila wajah kurang bersih seperti berkeringat saat ber-video chatting, cenderung menyulitkan lawan bicara memandang wajah kita.

Demikian, hal-hal yang sebaiknya kita perhatikan saat ber-video chatting. Agar lebih nyaman ber-video chatting, tak ada salahnya memperhatikan hal-hal tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://images.pcworld.com/howto/graphics/149115-hpwebcam.jpg
2. https://cdn.searchenginejournal.com/wp-content/uploads/2013/10/unnamed.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar