Jumat, 19 Agustus 2016

Mau Menjalankan Android di Komputer? Emulator Ini Siap Memanjakan Dirimu

Terkadang kita merasa suntuk memainkan game di komputer atau coba mengotak-atik aplikasi berbasis OS (Operation System) Windows. Pasalnya, fasilitas yang ditawarkan perusahaan Microsoft cenderung lebih kepada yang ingin produktif sehingga apa yang ditawarkan OS Windows terkesan itu-itu saja.

Tetapi berbeda dengan Google yang selalu berusaha menghimbur penggunanya melalui OS Android. Terbukti dengan mulai banyaknya pengguna Smartphone yang lebih memilih berbasis OS Android daripada OS Windows yang membuat vendor dan developer ikut meramaikan Android.

Namun bagi kamu yang setia menggunakan komputer jangan berkecil hati, kamu bisa merasakan pengalaman aplikasi Android di OS Windows tanpa harus ribet sampai melakukan dual boot OS (sistem operasi 2 jenis) dengan cara menggunakan emulator tanpa ribet.

Kenapa harus menggunakan emulator? karena dengan emulator kamu tidak harus sampai menyiapkan partisi, mengurus kompatibilitas komputer, boot option, pindah boot dan hal lainnya yang membuatmu harus mempelajari semuanya. Meskipun begitu, menggunakan emulator untuk mendapatkan akses aplikasi Android tetap saja ada kekurangannya seperti kemampuannya tidak sekencang saat kamu menjalankannya di dual boot melalui Remix OS atau sejenisnya.

Nah, bagi kamu yang tetap ingin mencoba emulator Android di komputer. Ada beberapa emulator yang bisa kamu coba dan pilih sesuai dengan minat kamu.

  1. Android SDK


    Gambar 1. Emulator Android SDK

    Merupakan emulator langsung dari pihak Google yang disediakan untuk developer dalam menjalankan aplikasi atau game Android. Bagi kamu yang masih baru mengenal emulator terbilang tidak sulit, karena tampilan yang dihasilkan emulator dibuat dengan friendly. Kamu juga tidak perlu memikirkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk menjalankan emulator ini. Dengan menggunakan emulator Android SDK, kamu bisa mendownload aplikasi Android langsung dari Google Play Store. Emulator ini juga bisa digunakan di Windows, Linux dan Mac.
  2. Andydroid


    Gambar 2. Emulator Andydroid

    Tidak puas dengan Android SDK, Andydroid bisa menjadi pilihan kamu yang bisa memainkan game terbaru dengan cepat. Emulator ini juga cukup stabil dan jarang mengalami crash dalam menjalankan aplikasi. Kemampuan lainnya, kamu juga bisa mengatur ukuran layar komputer sesuai yang dibutuhkan dan cocok digunakan untuk mengukur sebuah game dalam hal grafis.

    Namun dibalik itu, ada kekurangan Andydroid salah satunya adalah untuk menginstal kamu harus dalam koneksi internet yang berarti jangan sampai terputus saat menginstal. kekurangan lainnya yaitu spesifikasi yang dibutuhkan cukup besar seperti RAM minimal 3 GB supaya bisa berjalan sempurna.

    Kesimpulan yang di dapat, semoga Andydroid melakukan pembaharuan agar semakin mempermudah penggunanya.
  3. Bluestacks


    Gambar 3. Emulator Bluestacks

    Bluestacks menjadi daftar yang sering dilihat saat ingin mendownload emulator. Tidak tanggung-tanggung berbagai tips dan trik sering dijumpai saat browsing. Pasalnya, emulator ini bisa di instal saat offline maupun online dan minim bug. Kemampuan lainnya, banyak aplikasi melimpah dan memiliki fitur stream game bagi sesama pengguna.

    Meskipun begitu, emulator ini tergolong berat dan banyak memakan jatah RAM sehingga harus mengecek spesifikasi komputer saat mencobanya.
  4. Windroye


    Gambar 4. Emulator Windroye

    Jika membahas emulator yang ringan, mungkin Windroye bisa menjadi alternatif. Emulator ini memiliki kemampuan yang mirip dengan bluestacks dan bisa mengatur RAM yang akan digunakan.

    Kekurangan Windroye mungkin hanya satu yaitu saat selesai menginstal emulator, kamu akan melihat bahasa yang digunakan bahasa Mandarin. Untuk menggantinya kamu bisa mencari logo gerigi atau yang mirip pengaturan lalu klik


    Gambar 5. Cari logo yang mirip pengaturan

    Selanjutnya carilah logo A lalu klik


    Gambar 6. Cari ikon A

    Lalu klik yang paling atas dan muncul berbagai bahasa yang bisa kamu pilih


    Gambar 7. Klik bagian atas

    Kamu juga bisa coba bahasa lain


    Gambar 8. Pilih bahasa yang kamu mengerti
  5. Genymotion


    Gambar 9. Emulator Genymotion

    Jika kamu bukan seorang pengguna apalagi konsumer mungkin emulator ini bisa menjadi pilihan. Genymotion lebih fokus untuk developer.

    Keunggulannya terletak di semua versi Android, entah itu ICS (Ice Cream Sandwich), Kitkat bahkan Lollipop. Tidak hanya itu, virtual smartphone bisa dilakukan dengan berbagai merek smartphone jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembang aplikasi Android dari komputer.

    Untuk mendapatkan Genymotion terbilang mudah, ada versi gratis maupun berbayar, namun sayang untuk bisa tersambung dengan Google Play Store dan Google Account cukup sulit yang memaksa kamu harus kembali memiliki pengetahuan lebih lanjut.
  6. Nox


    Gambar 10. Emulator Nox

    Dengan emulator yang menyerupai tablet yang difokuskan untuk para gaming Android di komputer. Keunggulannya bisa disambung dengan Google Play Store dan bisa di Windows 10.

    Nah bagi kamu yang pecinta game Pokemon Go, Nox bisa dijadikan pilihan sebab emulator ini bisa menyambung di setiap perlengkapan komputer seperti keybord, webcam, mouse, mic dan lainnya bahkan bisa juga menggunakan kontroler langsung. Bagi kamu yang tertarik bisa mencobanya.
  7. Xamarin Android Player


    Gambar 11. Emulator Xamarin Android Player

    Xamarin Android Player mungkin jarang dikenal seperti emulator lain yang sering dijumpai saat browsing. Xamarin sendiri merupakan emulator yang langsung dari Microsoft pasca diakuisisi beberapa waktu lalu.

Nah itulah beberapa emulator untuk Andorid, bagi kamu yang ingin mendownload emulator Android, bisa lihat link disini:

  1. Android SDK (http://developer.android.com/sdk/index.html)
  2. Andydroid (http://www.andyroid.net/)
  3. Bluestacks (http://www.bluestacks.com/id/index.html)
  4. Windroye (http://www.windroye.com/index_eng.html)
  5. Genymotion (https://www.genymotion.com/)
  6. NOX (http://en.bignox.com/)
  7. Xamarin Android Player (https://developer.xamarin.com/releases/android/android-player/)

Bagaimana menurutmu, ada emulator Android yang cocok dengan kamu? Kalau ada yuk saatnya berkreasi dan bersenang-senang.

Oleh: Ridsal Kishimoto
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar :
Gambar 1. https://developer.android.com/images/develop/hero_image_studio5.png
Gambar 2. http://downloads.andyroid.net/website/v2//wp-content/uploads/2016/06/slider2_fix.png
Gambar 3. https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/10/bluestackssct.jpg
Gambar 4. https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/10/windroy.jpg
Gambar 5. Milik pribadi
Gambar 6. Milik pribadi
Gambar 7. Milik pribadi
Gambar 8. Milik pribadi
Gambar 9. https://www.genymotion.com/wp-content/uploads/2016/02/features-genymotion-imac.jpg
Gambar 10. http://en.bignox.com/blog/wp-content/uploads/2015/09/banner.jpg
Gambar 11. https://www.xamstatic.com/dist/images/pages/index/platform-screenshot@2x-mmjfsTTi.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar