Selasa, 17 Februari 2015

Efek Negatif Dari Install Ulang Laptop Yang Berlebihan

Apakah anda termasuk orang yang mempunyai kebiasaan sering menginstall ulang laptop anda? Jika ya, ada baiknya saya sarankan untuk berhenti dari kebiasaan tersebut dikarenakan anda akan mengalami kerugian besar dari laptop anda yang cepat rusak.

Biasanya orang-orang melakukan instalasi ulang pada saat laptop dalam keadaan tidak baik (tidak bisa menyala atau kerusakan sistem lainnya). Tetapi banyak yang belum tahu bagaimana melakukan instalasi yang pantas dan tidak merugikan. Ada orang yang melakukan instalasi ulang padahal sebenarnya sistem masih berfungsi dan tidak memerlukan instalasi ulang. Hal tersebut tentu akan sangat membahayakan kinerja laptop yang kita pakai.

Supaya lebih jelas apa saja efek negatifnya, mari kita lihat beberapa poin di bawah ini.

  • Kinerja Baterai Laptop Akan Turun
    Proses instalasi ulang laptop akan memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, banyak orang yang memikirkan keadaan baterai mereka selama instalasi. Dikarenakan lama, banyak orang akan melepas baterainya sambil memasang charger. Padahal hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan dikarenakan tegangan listrik akan langsung mengalir ke laptop. Tetapi di sisi lain, jika kita memasang baterai sambil memakai charger, hal demikian akan mengurangi kinerja baterai laptop.

    Cara yang lebih efektif untuk dilakukan adalah melakukan charge baterai sampai full sehingga bisa dipakai selama instalasi.


    Gambar 1. Tampilan Desktop Laptop

  • Hardware Akan Rusak
    Proses instalasi ulang sistem pada laptop akan merusak hardware yang tertanam di dalam laptop. Pada umumnya, proses instalasi memerlukan kerja yang lumayan berat sehingga menyebabkan laptop akan cepat panas dan cepat pula merusak hardware dalam laptop. Apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang/berlebihan, tentu anda akan mengalami kerugian yang besar. Dan juga melakukan instalasi ulang sistem laptop yang tidak sesuai dengan sistem hardware akan ikut merusak hardware laptop.

  • Data-Data Penting Akan Hilang
    Jika kita terlalu sering menginstall ulang laptop kita, tentunya akan ada waktu di mana kita lupa untuk memback-up data-data penting di laptop. Akibatnya ketika melakukan instalasi ulang, data-data kita akan terhapus total dan tidak dapat dikembalikan. Selain itu, instalasi ulang yang berlebihan akan merusak hardisk laptop sehingga data-data di dalam hardisk akan ikut bermasalah atau lebih parahnya hilang.

  • Ketergantungan
    Ini merupakan salah satu efek negatif instalasi ulang laptop yang cukup berbahaya. Arti dari ketergantungan tersebut yaitu kita akan terus-terusan tergantung pada instalasi ulang laptop. Sedikit saja laptop kita bermasalah, kita akan langsung melakukan instalasi ulang. Padahal sebenarnya ada kasus yang tidak memerlukan instalasi ulang. Dan ada pula kasus di mana melakukan instalasi ulang malah akan memperbesar masalah pada laptop. Tentunya cara paling benar yaitu mengecek terlebih dahulu apakah masalah yang menyerang laptop anda (mungkin saja virus komputer), jika diperlukan barulah melakukan instalasi ulang.

Oleh : Stevanus
Sumber: http://multiajaib.blogspot.com/2014/03/resiko-terlalu-sering-install-ulang.html
Sumber Gambar: 1. http://seto.citravision.com/foto_berita/24Windows_7_2.jpeg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar