Jumat, 18 Juli 2014

Cara Merawat Baterai Laptop


Baterai laptop

Pernahkah anda memiliki masalah pada baterai laptop anda? Atau seringkah anda mendengar istilah “baterai bocor”. Saat indikator baterai di layar desktop kita mengatakan “Consider replacing your battery” dengan tanda silang merah, apa yang harus dilakukan? Kita semua pasti tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Tentunya kita juga ingin menghemat pengeluaran untuk membeli sebuah baterai laptop baru. Berikut ada beberapa tips untuk merawat baterai laptop kita supaya awet dan tahan lama.

  • Menggunakan Cooling Pad.

    Apakah anda sering memainkan laptop anda di tempat tidur? Jika sering sebaiknya dihentikan. Bagian bawah laptop kita juga membutuhkan udara untuk mengurangi panasnya saat laptop kita bekerja. Hal ini juga dapat merusak kinerja baterai laptop kita. Kita dapat memberikan sebuah ruang pada bagian bawah laptop kita. Kita dapat menggunakan suatu penyangga atau cooling pad supaya laptop kita tidak terlalu panas.


    Cooling pad

  • Melepaskan baterai laptop jika tidak ada keperluan khusus.
    Seringkah anda memainkan laptop anda dengan baterai yang tetap terpasang? Hal itu akan memperpendek umur baterai laptop kita. Sebaiknya jika tidak berkepentingan, lepaskan saja baterai laptop kita seperti saat kita menggunakan laptop kita di rumah. Tetapi juga ada dampak negatifnya juga. Menggunakan laptop dengan AC power tanpa baterai yang terpasang juga dapat merusak perangkat-perangkat di dalam laptop kita. Itu dikarenakan tidak adanya baterai sebagai penyeimbang listrik yang masuk ke laptop kita. Jadi, seimbangkan juga penggunaan laptop dengan baterai dan tanpa baterai.

  • Jangan sering memainkan game-game “berat” (memori dan tingkat grafik yang tinggi).
    Untuk para gamers khususnya bagi yang sering memainkan game PC, ada baiknya dikurangi karena baterai laptop kita juga akan cepat rusak. Game-game dengan grafik yang tinggi selain bisa mengurangi umur laptop kita juga dapat merusak VGA kita. Apalagi saat memainkan game PC tersebut sambil mencolokkan charger ke baterai laptop kita. Pastinya charger dan baterai kita akan cepat meminta biaya lagi. Solusinya bagi yang benar-benar ingin memainkan game PC kesukaannya di laptop dapat memainkannya pada waktu pagi, siang, atau malam masing-masing 1 jam.

  • Jangan sering mencolokkan charger pada laptop jika baterai masih penuh.
    Untuk anda yang sering mencolokkan charger walaupun indikator baterai di laptop sudah penuh sebaiknya dihentikan. Ketika indikator baterai di laptop sudah tercharge full 100%, usahakan langsung lepaskan chargernya. Dan pasang kembali chargernya jika baterai sudah benar-benar mau habis sekitar 10%. Jangan tunggu sampai baterai laptop kita benar-benar 0% jika ingin baterai kita tetap awet.

  • Kurangi penggunaan laptop saat charger terpasang
    Untuk meminimalisir kerusakan baterai laptop, sebaiknya laptop jangan dimainkan pada waktu baterai kita dicharge. Tunggulah saat baterai laptop kita sudah terisi penuh 100%.

Oleh : Stevanus
Gambar:
1. http://ec3.tokopedia.net/newimg/product-1/2014/6/12/96931/96931_fb8c9c1e-f1ef-11e3-93ee-26b62523fab8.jpg
2. http://fccomputer.com/store/images/coolpad5.jpg

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar