Kamis, 12 Juni 2014

Trik Menyetting Suara Winamp



WinAmp adalah salah satu aplikasi komputer atau laptop yang paling populer untuk memutar musik dengan format MP3. Kelebihan Winamp adalah perangkat ini mudah digunakan. Untuk menghasilkan suara yang baik, maka anda harus meyetting WinAmp. Jika anda tidak bisa mengatur setting suara WinAmp maka bukan tidak mungkin, suara yang dihasilkan akan terdengar kasar dan tidak nyaman didengar.

Berikut ini adalah beberapa trik untuk meyetting equalizer WinAmp agar menghasilkan suara yang baik.

Volume pada sistem volume control harus lebih kecil dari volume pada Speaker

Gambar berikut ini adalah contoh volume di speaker dan volume pada sistem windows.



Jika anda ingin mengeraskan suara musik maka hindari volume pada sistem windows lebih besar dari pada volume pada speaker. Volume di speaker harus lebih besar dari volume windows. Hal ini dilakukan untuk menghindari overload. Jika terjadi overload, maka suara pun akan terdengar kasar sehingga tidak nyaman didengar. Oleh karena itu overload harus dihindari.

Matikan Graphic Equalizer pada WinAmp

Jika speaker anda memiliki Band-Equalizer (Bass, Treble), maka anda sebaiknya menggunakan Equalizer di speaker anda bukan menggunakan Equalizer Winamp. Matikan tombol On dan tombol auto yang ada di menu Winamp Equalizer
Gambar berikut ini adalah contoh speaker yang memiliki band equalizer yaitu treble dan bass



Silakan anda mengatur nilai bass dan treble sehingga musik yang diputar akan nyaman didengar oleh telinga anda. Setiap orang memiliki selera suara yang berbeda-beda. Anda harus menyetting equalizer di speaker anda agar sesuai dengan selera anda. Pada umumnya, settingan nilai bass lebih besar daripada nilai treble.

Jika speaker anda tidak memiliki band equalizer, maka anda dapat menyetting equalizer di Winamp. Anda nyalakan terlebih dahulu tombol On di menu WinAmp Equalizer. Anda dapat menggunakan pilihan setting equalizer yang ada di menu preset.

Gunakan Plug-in

Agar suara yang dihasilkan menjadi lebih baik, maka anda memasang plug-in. Ada banyak jenis plug in untuk Winamp. Berikut ini adalah beberapa jenis plug in yang dapat anda pasang agar suara yang dihasilkan WinAmp menjadi lebih baik.

  • Plug In berjenis Compressor

    Plug In Winamp ini berguna agar suara yang dihasilkan seimbang. Suara yang terlalu kecil akan berubah menjadi suara sedang. Sedangkan suara yang terlalu besar pun akan menjadi suara sedang. Jika anda senang mendengarkan musik live maka anda harus memasang Plug In jenis ini. Salah satu plug in berjenis compressor ini adalah Stereo Tools
  • Plug In berjenis Equalizer

    Jika speaker anda tidak memiliki equalizer atau bass dan treble. Maka anda harus menyetting equalizer di menu WinAmp Equalizer. Untuk mengoptimalkan settingan maka anda dapat memasang plug in berjenis Equalizer. Salah satu contoh program plug in ini adalah DFX Plug In
  • Plug in berjenis Reverb

    Plug in ini mampu menghasilkan suara gema pada suara yang dihasilkan sehingga musik menjadi terdengar lebih hidup. Contoh program plug in ini adalah DSP Plug In Reverb.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar
https://kb.wisc.edu/images/group49/15304/SMARTspeakervolume.JPG
http://g-ecx.images-amazon.com/images/G/01/electronics/detail-page2/c26-VS4621-2-lg.jpg
http://thewindowsclub.thewindowsclubco.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2009/10/volumecontrol.png?0479ea
http://www.pcper.com/images/reviews/73/AltecLansingMX5021-Controller.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/6/6b/Winamp-logo.png

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar