Jumat, 30 Mei 2014

Cara Mudah Mendownload Video YouTube Tanpa IDM

Saat sedang browsing ria kadang kita menemukan file-file penting atau sesuatu yang menarik dalam situs internet, nah untuk mendapatkan dan menyimpan file tersebut maka kita harus mendownloadnya terlebih dahulu. Beruntunglah jika situs yang menyimpan file tersebut memudahkan atau tidak mempersulit pengunjungnya untuk mengunduh file-file yang ada di situsnya, baik berupa file gambar, dokumen, musik (mp3), atau juga video.

Berbicara mengenai video, jelas kita ketahui bersama situs YouTube.com merupakan situs terbesar dan terlengkap dibandingkan dengan situs lainnya dalam menyediakan file video. Situs ini memfasilitasi pengunjung untuk mengupload videonya agar dapat dilihat dan ditonton khalayak ramai. Sayangnya, YouTube sendiri tidak membuat fitur yang memudahkan pengunjung dalam mendownload video-video yang terdapat di sana. Itulah sebabnya, beberapa software pun muncul guna memudahkan kita untuk dalam mendownload file yang ada di internet.

Salah satu software yang cukup terkenal dan sering dipakai untuk memudahkan dalam mendownload, termasuk mendownload video di YouTube adalah Internet Download Manager atau biasa disebut IDM. Software ini sebenarnya tidak gratis, tapi di awal penginstallan anda diberikan jangka waktu 30 hari gratis untuk menggunakan software ini dengan mendapatkannya langsung dari situs resminya di www.internetdownloadmanager.com.

Bagi anda yang perangkat komputernya belum terpasang software-software tersebut sehingga tidak bisa mendownload video di YouTube, anda tidak perlu khawatir. Ada cara lain yang bisa kita gunakan khususnya untuk mendownload video di YouTube. Caranya adalah dengan memanfaatkan situs yang ada di internet yang menyediakan fasilitas ini. Ada 2 situs yang penulis rekomendasikan untuk anda, yaitu keepvid.com dan savefrom.net.

Cara pengerjaannya juga gampang, seperti berikut ini.

  • Cari video di YouTube yang ingin anda download, pada tab lain kunjungi situs keepvid.com atau savefrom.net (penulis menggunakan savefrom.net)
  • Copy link video YouTube yang ingin anda download, dengan klik kanan copy atau salin


  • Buka tab, di mana anda mengunjungi situs savefrom.net tadi. Pada tampilan savefrom tersedia kotak download, pastekan link download yang ada copy ke kotak download tersebut, dengan cara klik kanan paste atau CTRL + V. Setelah itu klik bacaan “download” pada sisi kanan kotak. Tunggu beberapa saat.


  • Selanjutnya akan muncul pilihan format quality download video yang ingin kita simpan. Ada flv 240p, MP4 360p, Web 360p, 3GP 144p, 3GP 240p. Semakin bagus pilihan kualitas download yang kita pilih maka semakin besar pula ukuran video yang dihasilkan. Misalnya, Quality MP4 360p lebih baik dari 3GP 240p. Pilih format quality yang anda inginkan. Kemudian klik format pilihan tersebut.


  • Setelah anda klik format tersebut, maka secara otomatis akan tampil jendela download untuk menyimpannya. Silakan anda pilih oke, maka video pun akan terdownload, tunggu download-an videonya sampai selesai dan tersimpan dalam komputer.


  • Tidak berbeda jauh dengan situs savefrom.net, langkah-langkah yang anda lakukan apabila menggunakan situs keepvid.com. Selamat Mencoba.


Oleh : Roma Doni

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar