Selasa, 20 Mei 2014

Cara Men-shutdown-kan Komputer Secara Otomatis

Perlunya mempelajari tips ini sebagai bagian dari perawatan komputer dalam mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan. Sebab faktor utama yang menyebabkan kerusakan pada perangkat komputer itu akibat dari kelalaian atau kebiasaan penggunanya yang salah. Nah, diantara kebiasaan yang salah itu adalah dengan membiarkan komputer dalam keadaan hidup atau menyala dengan waktu yang lama, seperti ditinggal tidur, atau komputer ditinggal pergi dan lupa mematikannya.

Sekalipun komputer tersebut tidak sedang menjalankan program aplikasi apapun, tetapi sistem atau perangkat penyusun dalam komputer tetap bekerja semestinya. Padahal, di dalam sebuah perangkat komputer atau juga laptop, terdapat komponen-komponen yang cepat panas dan kondisi ini dapat memengaruhi kinerja komponen lainnya.

Namun kadangkala kita sering dihadapkan dalam keadaan yang membingungkan, misalnya sedang mendownload file berukuran besar sedangkan kecepatan download sangat lambat, di satu sisi kita ada kegiatan lain atau katakanlah kita sedang mengantuk dan tidak mungkin menunggu file yang didownload sampai selesai. Maka sebenarnya kondisi seperti ini dapat kita atasi dengan membuat timer shutdown pada komputer kita, agar pada waktu yang kita tentukan komputer dapat secara otomatis shutdown/mati sendiri. Cara ini selain mencegah kerusakan pada komputer, juga menghemat baterai pada laptop dan tentunya menghemat arus listrik jika pada komputer.

Dalam hal ini, penulis memanfaatkan aplikasi tambahan bawaan pada windows yang bernama, Task Scheduler. Di mana aplikasi ini memang berfungsi untuk mengatur schedul atau jadwal dalam menjalankan komputer baik itu jadwal mematikan, merestart, mengunci, dan sebagainya.

Langkah-langkah yang dapat anda ikuti adalah seperti berikut :

  • Buka program Task Scheduler, dengan perintah klik Start > pada kotak search tulis “Task Scheduler” > jika ikon program sudah muncul klik 1 kali.

  • Jika kotak program Task Scheduler sudah tampil, cari bacaan “Create Basic Task” lalu anda klik. Nantinya akan tampil kotak dialog dari Create Basic Task, silakan anda isi kata-kata pada kotak Name dan Description, untuk bisa melanjutkan ke step berikutnya dengan klik Next.


  • Langkah berikutnya pada menu Trigger, di sini anda bisa menentukan penjadwalan mengenai kapan timer shutdown otomatis ini akan diterapkan. Ada banyak pilihan yang tersedia, apakah ingin dibuat harian, mingguan, bulanan, atau hanya satu kali itu saja. Jika telah dipilih, jangan lupa melanjutkannya dengan mengklik Next, di bagian bawah kotak dialog dari Create Basic Task ini.

  • Di langkah sebelumnya penulis memilih one time, yang artinya penjadwalan timer shutdown ini hanya dibuat untuk satu kali saja, maka kita tentukan kapan atau pada jam berapa komputer ini kita jadwalkan untuk shutdown sendiri. kemudian klik Next.

  • Di menu Action, kita diberikan beberapa pilihan perintah mana yang akan dijalankan oleh Task Scheduler, di sini pilih saja perintah “Start a Program” lalu klik Next. Maka akan muncul tampilkan berikut



    Seperti yang terlihat pada gambar, di kotak program/script, silakan anda tulis script berikut : “C:\Windows\System32\shutdown.exe” agar tidak perlu mencari file shutdown.exe yang tersembunyi di bagian folder windows. Dan pada kotak menu add argument anda tuliskan “/s” yang artinya Shut Down, atau jika ingin perintahnya diganti dengan yang lain, untuk merestart misalnya anda bisa menggantinya dengan “/r” atau “/h” untuk perintah hibernate dan “/I” untuk perintah Log off. Lalu klik Next.

  • Sampailah kita pada tampilan dialog yang terakhir seperti ini, untuk menuntaskannya klik kotak bertuliskan “Finish” di bagian bawah.


  • Sebaliknya, jika anda ingin membatalkan pengaturan dari Task Scheduler yang pernah anda buat, silakan buka kembali aplikasi ini, kemudian klik menu “Task Scheduler Library”, cari mana penamaan judul yang sebelumnya pernah anda buat, terus klik kanan dan delete.


Oleh : Roma Doni

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar