Kamis, 22 Mei 2014

8 Tanda Infeksi Virus Pada Komputer Anda(Part 1)

Mungkin, para pengguna komputer seringkali bertanya-tanya apakah komputernya terserang virus atau tidak. Memang menjengkelkan kalau virus sudah menyerang komputer.

Walaupun komputer sudah diberi antivirus sebagai proteksi, akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa komputer Anda masih bisa terinfeksi virus.

Kita tidak bisa mengetahui kapan virus datang. Akan tetapi, kita bisa mengenali tanda-tanda kemunculan virus lebih awal untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Apa saja tanda-tanda itu? Kenali yuk!

  1. Kinerja Komputer menjadi Lambat

    Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membuat kinerja komputer menjadi lambat. Di antaranya :

    1. Space harddisk yang menipis
    2. Terlalu banyak program yang ada pada Startup
    3. Processor yang terbatas dan kapasitas memori yang kecil
    4. Banyaknya aplikasi yang terinstall dalam komputer namun jarang digunakan
    5. Fragmentasi harddisk, dan lain sebagainya.

    Namun, apabila kinerja komputer menurun secara drastis seperti misalnya sampai tidak bisa menjalankan program aplikasi, waspadalah karena mungkin itu adalah ulah nakal virus.

    Periksa proses yang terjadi dengan menggunakan Task Manager [untuk masuk ke Task Manager, cukup tekan CTRL+ALT+DEL]. Perhatikan pada tab Processes. Memang, agak susah untuk membedakan mana yang menjadi proses virus dan mana proses komputer yang sesungguhnya.

    Namun, biasanya, proses yang dilakukan oleh virus memiliki nama-nama aneh. Misalnya : hole.zip, blank.doc, empty.jpg dan lain sebagainya.

    Langkah berikutnya adalah periksa tab Performance. Tab ini berisi grafik penggunaan komputer Anda.

    Apabila Anda menjalankan banyak proses, umumnya grafik akan meninggi. Namun, apabila grafik terus meninggi tapi Anda tidak menjalankan banyak proses, berarti virus telah menyerang komputer Anda.

  2. Komputer menjadi Lebih Sering Hang

    Hang sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut komputer yang mendadak berhenti atau tidak merespon.

    Seperti sudah dijelaskan di depan, hal ini disebabkan karena virus yang telah aktif biasanya akan membuat proses-proses baru yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga Windows akan mengalami crash dan akhirnya menjadi hang.

  3. Komputer Sering Restart Sendiri

    Komputer Anda tiba-tiba restart sendiri? Atau sering mengalami crash dan muncul tulisan ‘Don’t Send’? Hati-hati, mungkin hal ini juga disebabkan oleh virus.

    Komputer melakukan restart sendiri/reboot karena beberapa file sistem, khususnya file yang digunakan untuk booting telah rusak.

    Apabila file gagal booting, maka CPU akan membaca ulang file sistem untuk booting. Dan hal ini akan berlangsung terus menerus sampai file berhasil booting.

  4. Harddisk Penuh Dengan Sendirinya

    Biasanya, virus otomatis akan berkembang biak apabila sudah berhasil menginfeksi komputer. Hasil dari perkembangbiakan virus ini tentunya akan mengurangi kapasitas harddisk. Sehingga, tanpa kita sadari, memori harddisk tiba-tiba penuh.

Bersambung ke Part 2

Oleh : Nira Kunea
#berbagai_sumber

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar