Rabu, 12 Maret 2014

Cara Menampilkan Teks Pesan di Log On Screen Komputer

Ada banyak sekali cara yang dapat kita tempuh untuk melakukan pengamanan pada komputer atau laptop milik kita. Misalnya seperti yang pernah penulis share pada artikel yang lalu-lalu yaitu mengenai menyembunyikan folder dan menyembunyikan drive hardisk. Tidak hanya untuk menjaga file-file penting di dalam komputer, sebenarnya pengamanan juga dilakukan untuk menghindari agar tidak terjadinya kerusakan pada komputer kita, apalagi jika komputer atau laptop sering dipakai atau digunakan orang lain. Dengan sifat orang yang berbeda-beda tentunya karakter dan sikap orang dalam menggunakan perangkat juga pasti berbeda, ada yang sangat berhati-hati , ada yang suka iseng/usil, atau ada juga yang memakai dengan sifatnya yang merusak atau asal-asalan.

Maka dari itu, salah satu tindakan pengamanan yang bisa kita buat pada komputer atau laptop kita adalah dengan menampilkan pesan di layar log on. Pesan ini ditujukan sebagai arahan bagi siapapun yang memakai komputer kita, jadi sebelum masuk pada awal tampilan desktop, pesan yang kita tulis akan muncul otomatis di layar komputer. Dengan begitu, teman, saudara, atau siapapun yang menghidupkan untuk memakai komputer kita maka akan melihat pesan yang kita sampaikan.

Di sini kita memanfaatkan aplikasi bawaan pada windows yang bernama Local Security Policy. Dengan aplikasi ini kita bisa menampilkan teks pesan di log on screen komputer, sebenarnya pesan yang disampaikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tidak harus pesan peringatan saja, boleh kata-kata motivasi atau apapun itu, cuma memang kebanyakan orang menggunakannya untuk menampilkan sebuah teks peringatan keamanan seperti nama dari aplikasi ini, security policy.

Adapun langkah-langkah penerapannya adalah sebagai berikut :

  • Jalankan aplikasi Local Security Policy di Windows dengan cara klik Start > pada kotak search ketikkan “Secpol.msc” > setelah programnya muncul klik enter.


  • Apabila tampilan program sudah muncul, klik tulisan Local Policy > dilanjutkan dengan klik Security Option yang merupakan bagian dari Local Policy.

  • Setelah anda klik security Option maka akan ada banyak tampilan pengaturan security, anda pilih dan klik “Interactive logon : Message title for users attempting to log on” ini merupakan langkah anda dalam membuat judul pesan yang ingin ditampilkan. Jika sudah muncul kotak dialognya silakan isi judul pesannya terus klik ok.


  • Selesai anda mengklik OK, tampilan akan kembali pada pengaturan security, untuk mengisi teks pesan yang ingin anda tampilkan, pilih dan klik pengaturan policy yang bertuliskan “Interactive logon : Message text for users attempting to log on” di sinilah nantinya akan muncul kotak dialog sebagai tempat anda menuliskan pesan. Tulis pesan yang ingin anda sampaikan. Jika sudah selesai klik ok.


  • Maka langkah-langkah pengerjaannya sudah selesai, silakan anda close program tersebut. Untuk pengujian atau membuktikannya anda boleh shut down atau mematikan komputer anda, kemudian menghidupkannya kembali. Jika anda ingin menghilangkan tampilan teks pesan tersebut suatu hari nanti, tinggal anda lakukan langkah yang sama, cuma pada saat muncul kotak dialog dari hasil mengklik “Interactive logon : Message title for users attempting to log on” dan “Interactive logon : Message text for users attempting to log on” maka anda hapus kata-kata atau teks yang pernah anda tulis, kemudian klik ok.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Oleh : Roma Doni

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar