Sabtu, 08 Februari 2014

Task Manager dan Fungsinya Terhadap Permasalahan Komputer

Pada sistem operasi Windows terdapat tool program yang bernama task manager. Tool ini sifatnya tersembunyi dan tidak secara jelas terlampir dalam tampilan Windows. Mungkin itu juga yang menyebabkan banyak pengguna komputer tidak begitu mengetahui akan keberadaan tool program yang satu ini. Padahal untuk beberapa keadaan, task manager ampuh mengatasi permasalahan pada perangkat komputer anda.

Secara keseluruhan, menu-menu program yang berada dalam task manager menampilkan tentang kondisi/performa komputer anda. Menampilkan ukuran penggunaan program aplikasi dan perangkat keras, contohnya: berapa persen penggunaan hardisk, memory, CPU, serta program aplikasi seperti Mozilla, Microsoft Office, Adobe dan lain sebagainya.



Dikarenakan fitur task manager menampilkan dari sisi kondisi perangkat komputer yang sedang dijalankan, maka task manager juga dibekali fungsi berupa perintah yang dapat mengembalikan kondisi komputer kepada keadaan semula, sebelum menjalankan beberapa program tersebut. Dengan kata lain, task manager dapat menutup atau menghentikan suatu program yang apabila karena program tersebut performa komputer anda menjadi macet atau juga melambat.

Mungkin anda pernah mengalami, ketika sedang asyik browsing internet atau membuka program aplikasi tertentu tiba-tiba komputer anda hang dan macet, tidak bisa menjalankan program lainnya, atau bahkan kursor tidak bergerak. Banyak pengguna yang tidak mengerti cara mengatasinya langsung membuka baterai jika perangkat tersebut laptop, atau mencabut kabel stop kontak jika perangkat yang dimaksud adalah komputer. Jelas, cara seperti ini justru akan mempercepat kerusakan-kerusakan yang terjadi pada perangkat anda tersebut.

Nah, di sinilah letak fungsi keberadaan task manager. Dengan task manager kita tidak perlu melakukan cara yang merusak seperti itu. Kita cukup membuka task manager dan langsung menutup program yang menjadi penyebabnya, dan komputer anda bisa kembali dalam kondisi normal.

Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka tool program task manager dengan menekan Ctrl-Alt-Del secara bersamaan pada keyboard. Maka akan muncul kotak task manager.

  • Setelah muncul pilih salah satu program yang ingin anda tutup dengan mengkliknya (Biasanya program yang menjadi faktor macetnya komputer tertera dalam status bertuliskan “Not Responding”) kemudian dilanjutkan dengan mengklik kotak dialog bertuliskan “End Task”, maka program tersebut akan tertutup.


  • Namun, jika hal tersebut tetap tidak mempengaruhi kondisi komputer anda, sebaiknya tutup semua program tersebut satu persatu, bisa juga dengan cara yang cepat, sebelum mengklik pada program, tekan dan tahan Ctrl, sambil mengklik seluruh program yang berjalan, selanjutnya klik “End Task”.



    Cara seperti ini kerap penulis lakukan ketika komputer sedang dalam keadaan hang atau macet.

Dalam task manager dapat kita lihat ada 6 menu atau sub judul yang berisikan keterangan informasi kondisi perangkat komputer anda.

Applications : memuat informasi program aplikasi apa saja yang sedang aktif anda buka ketika itu dan menunjukkan kejelasan statusnya, apakah sedang dalam proses (running) ataukah terjadi kesalahan, tidak ada respon (not responding).

Processes : memuat pemakaian dari program aplikasi yang sedang berjalan, berapa persen pengaruhnya terhadap beban memory dan CPU.

Services : memuat daftar program yang ada dalam sistem operasi Windows anda, dan juga menampilkan statusnya, apakah sedang berjalan (running) atau sedang tidak digunakan (stopped).

Performance : memuat tampilan grafik yang menunjukkan total keseluruhan beban pemakaian program yang harus ditanggung resource komputer anda.

Networking : memuat informasi mengenai jaringan yang diterima komputer anda, bagaimana kecepatannya dan bagus tidaknya signal yang diterima.

Users : memuat informasi ID user (pengguna) yang terhubung.

Dengan memanfaatkan informasi-informasi pada task manager tersebut, anda bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan kinerja komputer anda menjadi lebih baik. Entah itu membatasi program yang dimainkan atau menghapus beberapa program yang dirasa cukup berat untuk dijalankan pada komputer anda. Sekian artikel semoga bermanfaat.

Oleh : Roma Doni

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar