Rabu, 19 Februari 2014

Software pelengkap untuk CorelDraw dan Photoshop bagi desainer grafis

Di dalam dunia desain grafis, CorelDraw dan Photoshop memang sudah menjadi peranti lunak komputer atau laptop yang wajib dikuasai oleh para desainer grafis. Namun, terkadang kedua peranti lunak tersebut dirasa kurang untuk membuat suatu karya desain grafis sehingga diperlukan beberapa peranti lunak lainnya untuk melengkapi CorelDraw dan Photoshop.

Dengan memasang beberapa peranti lunak untuk melengkapi CorelDraw dan Photoshop maka bukan tidak mungkin akan mampu menghasilkan karya desain grafis yang memukau.Beberapa peranti lunak untuk melengkapi CorelDraw dan Photoshop adalah :

Xara 3D

Salah satu kelemahan Photoshop adalah software ini kurang memadai untuk menampilkan tampilan tiga dimensi. Oleh karena itu diperlukan peranti lunak lainnya untuk mampu menghasilkan tampilan tiga dimensi.

Xara3D adalah peranti yang mampu menghasilkan tampilan tiga dimensi yang memukau. Anda pun dapat mengatur pencahayaannya. Xara3D sangat cocok untuk menampilkan logo atau tipografi dalam bentuk tiga dimensi. Menggunakan Xara3D pun sangat mudah, anda hanya cukup mengatur tampilan tiga dimensi dan pencahayaannya melalui mouse.



Anda hanya perlu membuat logo atau tipografi di CorelDraw dalam bentuk dua dimensi kemudian Anda di-import ke Xara3D. Anda dapat mengatur tampilan tiga dimensi dan pencahayaan melalui Xara3D. peranti ini pun mempunyai fitur bevel atau menebalkan objek.

Setelah anda mengatur tampilan tiga dimensi, bevel dan pencahayaan objek yang anda buat, anda dapat meng-importnya ke Photoshop untuk pengolahan lebih lanjut misalnya menambah latar belakang atau menambah efek-efek tertentu.

Particle Illusion

Particle Illusion adalah peranti lunak yang mampu menampilkan beberapa efek yang sangat beragam baik efek natural seperti api, kabut atau pun efek fantasi seperti kilauan cahaya. Jika anda merasa tidak puas dengan tampilan efek yang disajikan oleh Photoshop, Anda dapat menggunakan peranti lunak ini. Anda dapat menambahkan efek-efek ini ke dalam Photoshop.

Anda pun dapat meng-update efek melalui internet untuk ditambahkan ke library efek.



Eye Candy

Eye Candy merupakan plug-in yang paling sering digunakan untuk Photoshop. Jika anda merasa kesulitan untuk membuat suatu efek tertentu, maka anda menggunakan plug-in ini. Eye Candy terdiri dari banyak versi.

Jika anda ingin efek yang spesifik, maka anda dapat memilih untuk menggunakan Eye Candy versi 5. Eye Candy versi 5 sudah dibuat spesifik berdasarkan jenis efeknya. Misalnya Eye Candy Texture untuk menghasilkan permukaan yang realistis, atau pun Eye Candy 5 Nature untuk menghasilkan efek-efek alami yang realistis seperti tetesan air, api, atau pun kabut.



After Effects

peranti lunak buatan Adobe ini memiliki banyak efek yang beragam. Hanya saja anda harus mengatur banyak sekali parameter untuk menghasilkan efek yang anda inginkan. Hasil tampilan dari After Effect bisa anda tambahkan ke Photoshop untuk memperindah karya desain Anda. Jika anda kesulitan menggunakan After Effects, maka anda dapat menggunakan template.



Selamat berkarya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar