Kamis, 13 Februari 2014

Cara Mengetahui Umur dan Jenis Kelamin Komputer

Siapa sangka komputer yang kita gunakan ternyata memiliki umur dan jenis kelamin. Yah, tidak hanya makhluk hidup saja yang mempunyai umur dan jenis kelamin, perangkat komputer juga tidak mau kalah. Mungkin terdengar seperti sebuah lelucon apabila benda mati disamakan dengan makhluk hidup. Tapi itulah kenyataannya, bahwa dengan cara yang akan dijelaskan pada artikel ini nantinya, kita bisa mengetahui umur dan jenis kelamin komputer kita.

Tapi sebelumnya, penulis ingin menjelaskan bahwa umur komputer yang dimaksud di sini adalah tanggal pembuatan komputer tersebut yang dicantumkan pabrik pada saat diproduksi. Dengan mengetahui tanggal pembuatannya otomatis maka kita bisa mengetahui berapa lama umur komputer tersebut sampai sekarang. Tentu tiap perangkat komputer ada yang sama dan berbeda tanggal tahun pembuatannya, begitu juga dengan manusia ada yang sama dan berbeda waktu kelahiran, sehingga umurnya juga ada yang sama dan berbeda, demikian jika kita menganalogikannya.

Untuk cara mengetahui umur pada komputer bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Kita menggunakan program command prompt. Klik Start – di kotak pencarian ketik “cmd” – setelah muncul ikon program command prompt di list pencarian klik satu kali.

  2. Di program command prompt yang telah muncul, ketikkan tulisan “Debug” setelah itu tekan Enter. (Tulisan yang diketik tidak menyertakan tanda kutip)

  3. Barulah selanjutnya anda ketikkan kode tulisan ini “df000:fff5” lalu kembali tekan Enter. Maka anda bisa mengetahui umur komputer anda dengan tampilannya seperti dengan gambar ini.


Simple bukan? Ada keuntungan yang bisa kita peroleh dengan mengetahui umur komputer ini, salah satunya misalnya ketika anda ingin membeli komputer bekas atau second. Maka umur sebuah komputer haruslah menjadi takaran anda memilih. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas barang tersebut, semakin lama umur komputer kecenderungan kerusakan perangkat-perangkat di dalamnya menjadi besar. Sebaiknya pilihlah komputer dengan umur atau rentang tahun pembuatan yang tidak terlalu lama (tua), maksimal di bawah 3 tahun dari tahun yang sekarang.

Selanjutnya adalah cara mengetahui jenis kelamin pada komputer. Di cara ini kita memanfaatkan suara yang dihasilkan dari pemrograman dengan menggunakan catatan Notepad. Dengan memasukkan format tertentu kita bisa melakukan perintah agar komputer mengeluarkan suara. Nah, suara yang dihasilkan itulah yang menjadi penentu apakah komputer berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Yang harus anda tahu mungkin suara yang ditimbulkan komputer anda dan punya teman anda bisa saja berbeda. Anda dengan suara laki-laki dan teman anda dengan suara perempuan atau sebaliknya.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahuinya dengan menerapkan langkah di bawah ini :

  • Buka aplikasi Notepad. Keberadaannya bisa ditemukan dengan klik start – accessories – Notepad.

  • Kemudian tuliskan format berikut ini: CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak"How are you today?"


  • Lalu simpan catatan pada Notepad tersebut di lokasi yang anda kehendaki, simpan dengan nama “test.vbs”


  • Cari file yang kita simpan tadi, dengan ikon file seperti ini :


  • Apabila sudah ditemukan, klik 2 kali ikon file tersebut. Maka akan terdengar suara yang mengatakan How are you today?. Nah apabila suaranya yang keluar laki-laki maka komputer anda berjenis kelamin laki-laki, bila terdengar suara perempuan maka komputer anda berjenis kelamin perempuan.

Selamat mencoba :)

Oleh : Roma Doni

Related Posts :

1 komentar :

Posting Komentar