Selasa, 11 Februari 2014

Cara Mengamankan Data File Komputer (2)

Cara kedua : Menyembunyikan Drive Hardisk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara kedua ini akan menyembunyikan keseluruhan data yang terdapat dalam drive Hardisk yang ingin anda amankan. Jika pada cara pertama kita menggunakan program command prompt untuk menjalankannya. Maka cara kedua ini, kita memakai program yang bernama diskpart. Diskpart merupakan program bawaan Windows yang memungkinkan pengguna untuk mengolah objek dalam sistem operasi baik itu disk, list volume, dan perintah daftar partisi.

Tampilan program diskpart seperti halnya tampilan pada command prompt. Karena memang kedua program ini merupakan tool Windows yang menjalankan perintah berbasis teks. Tapi di kalangan pengguna komputer penggunaan command prompt lebih populer dibanding diskpart. Cara kedua ini menurut penulis sendiri masih tetap mudah sama dengan cara yang pertama. Sekilas jika dilihat dari gambar dan tampilan diskpart memang tampak memusingkan, karena nantinya banyak format teks yang ditampilkan. Tetapi ketika dipraktekkan ternyata langkah-langkah tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Langsung saja, langkah-langkah menyembunyikan drive Hardisk dengan menggunakan program diskpart, adalah sebagai berikut :

  • Buka program diskpart. Cara cepatnya saja, dengan klik start >ketik pada kotak search bertuliskan “diskpart”, maka program tersebut akan muncul pada list pencarian, selanjutnya tinggal anda klik.

  • Kemudian tampilan diskpart akan muncul. Seperti ini :


  • Next, di samping tulisan “DISKPART>” tersebut, ketikkan tulisan “list volume”. Kemudian tekan Enter. Langkah ini, gunanya untuk menampilkan keterangan mengenai list Hardisk yang terdapat pada komputer anda.

  • Setelah itu akan timbul informasi mengenai Hardisk pada komputer anda. Informasi yang meliputi type, status, size, info dan lainnya.


  • Dari keterangan yang ada, pilih drive Hardisk mana yang ingin anda sembunyikan. Dalam hal ini penulis mencontohkan menyembunyikan drive Hardisk D, di mana dalam kolom volume letaknya pada urut volume ke 3. Maka di langkah selanjutnya, ketik tulisan “Select Volume 3” di samping kanan tulisan “DISKPART>”. Kemudian tekan ENTER. Maka tampilan diskpart yang akan muncul adalah berupa keterangan bahwasanya volume 3 telah terseleksi.


  • Langkah terakhir, sebagai upaya penyembunyiannya adalah dengan mengetikkan tulisan “remove letter D”. Adanya huruf D di sini karena penulis tadi mencontohkan pada drive Hardisk D, jika anda mencobanya pada drive C, silakan perintah terakhir tulis “remove letter C”. Jika cara anda benar maka tampilannya akan seperti ini, berisi keterangan drive telah sukses disembunyikan.



    Anda sudah bisa mengecek, apakah drive Hardisk yang dimaksud benar-benar tersembunyi atau belum. Hasil percontohan penulis, drive Hardisk D tidak tampak pada menu komputer:


  • Sedangkan cara memunculkan kembali drive Hardisk yang disembunyikan, langkah-langkahnya tetap sama. Hanya pada langkah terakhir, di mana anda sebelumnya menuliskan “remove select D” anda ganti dengan menuliskan “assign select D”.


  • Dengan perintah itu drive Hardisk D akan muncul kembali.


Demikian artikel ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Trims

Oleh : Roma Doni

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar