Senin, 23 Desember 2013

Menganalisis Kerusakan pada PC melalui Indikator Bunyi dengan BIOS

PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN DILIHAT DARI INDIKATOR BUNYI
AMI BIOSAWARD BIOS
INDIKATORMASALAHKETERANGANINDIKATORMASALAHKETERANGAN
1 x Bunyi BipKegagalan me-refresh DDRAMkegagalan ketika mengakses memori untuk me-refreshnya1 x bunyi Bip panjangAda pada memoriMemori tidak terpasang dengan benar, hip memori rusak
2 x Bunyi BipKegagalan rangaian parity (bisa pada “memori” dan “ motherboard”)Untuk mendeteksi dan koreksi rangkaian eror1 x Bunyi Bip panjang, 2 x bunyi Bip pendekAda pada sistem video (Video Card)Bios tidak dapat mengakses sistem video untuk menampilkan pesan error ke layar monitor.
3 x Bunyi BipKegagalan base memorISlot memori rusak1 x bunyi Bip panjang, 3 x bunyi Bip pendekAda pada sistem video (Video Card)Video card dipasang pada sistem yang sudah ada video card on-board.
4 x Bunyi BipKegagalan sistem timerKesalahan pd satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pd motherboardSuara Bip sambung menyambungAda pada memori atai video card
5 x Bunyi BipKegagalan processorKarena panas berlebih atau prosessor tidak terpasang dengan benar pada socket nya
6 x suara BipKegagalan keybord kontroler A20. Merupakan chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard anda
7 x Bunyi BipKesalahan prosessor
8 x suara BipKesalahan baca/tulis memory display
9 x Bunyi BipKerusakan Bios
10 x Bunyi BipKesalahan CMOS
11 x Bunyi BipKerusakan cache memori


Didalam mendiagnosa masalah tersebut ada beberapa pedoman yang bisa dipergunakan. Pada saat computer dinyalakan, power suplay akan mengirimkan daya kesemua komponen. Bila sebaliknya tidak ada daya maka periksalah power supplay anda. Untuk mengetesnya anda dapat meggunakan LED (Light Emiting Diode) kemudian pasangkan pada Power LED konektor, jika menyala artinya power supplay masih bagus.

Jika semua komponen sudah mendapatkan daya yang cukup, maka prosessor akan mencari instruksi pada ROM BIOS untuk prosessor kemungkinan panas yang berlebih akibat overclock atau posisi yang tidak sempurna.

Jika POST akan berlanjut tapi tidak selesai, kemungkinan besar masalah ada pada motherboard.

Beberapa yang harus dilakukan adalah:
  1. Jika PC tidak mau booting sama sekali, pastikan komponen minimal sudah terpasang antara lain : prosessor, memori, video card, dan sebuah drive pastikan terpasang dengan benar
  2. lepaskan komponen yang tidak wajib, seperti perangkat eksternal lainya yaitu printer, scanner dll. Kemudian hidupkan sistem dan coba pasang satu persatu satu card tersebut untuk megujinya.
  3. cek ulang setting jumper pada motherboard, pastikan tipe prosessor bus speed, multiplier dan jumper tegangan. Pastikan pula jumper BIOS berada pada posisi yang benar
  4. ubah setting BIOS ke setting default untuk memastikan bahwa masalah tidak terletak pada setting BIOS yang berlebihan, contoh dengan menurunkan read/write access time memori dan hardisk. Cek semua koneksi kabel pada motherboard apakah sudah benar, cek pula apakah ada komponen yang mengalamipanas berlebih jika ada ubah setting BIOS dan seting yang lebih rendah.


PENANGANAN LANJUT…

  1. untuk kasus indikasi suara 1,2,3 kali bunyi BIp cobalah perbaiki posisi memori terlebih dahulu kemudian jika masih sama ada kemungkinan memori rusak
  2. untuk masalah indikasi suara 4,5,7 dan 10 kali bunyi Bip artinya motherboard rusak dan harus diperbaiki atau diganti
  3. sedangkan untuk indikasi 6 kali bunyi suara Bip, kerusakan ada pada chip keyboard controller, jika masih ada error maka gantilah chip keyboard tersebut.
  4. untuk indikasi 8 kali bunyi suara Bip, memori error pada video adapter, maka yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.
  5. untuk indikasi 9 kali bunyi suara Bip, menandakan kegagalan chip BIOS, bukan disebabkan karena kurang sempurna maka kemungkinan chip BIOSnya ada error pada program.
  6. untuk indikasi 11 kali bunyi suara Bip, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengganti cache memori.


Demikian pengalaman yang kami dapat, mudah mudahan bisa membantu bagi para pemula yang sedang belajar seputar permasalahan pada hadware, apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan kami mohon ma’af yang sebesar-besarnya kami selalu mengharap kritik dan saran dari pembaca untuk penyempurnaan didalam penulisan

Oleh : Muhammad Riyadi & Eprie

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar