Senin, 23 Desember 2013

Mencegah Kerusakan Pada Laptop



Dewasa ini, laptop sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer hampir di kalangan semua orang setelah handphone. Peranan laptop sangat penting untuk mempermudah pekerjaan manusia, sehingga di pasaran sendiri permintaan barang elektronik yang satu ini sangat tinggi. Apalagi mengingat sekarang ini segala sesuatu pekerjaan dituntut cepat, tepat dan akurat. Nah, dengan adanya laptop tuntutan-tuntutan pekerjaan tersebut bisa teratasi. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, fasilitas yang terdapat dalam sebuah laptop juga mengalami pembaharuan-pembaharuan yang lebih baik lagi, dari yang dulunya berbasis pentium dengan slot memory yang terbatas, sampai pada saat ini sudah berbasis intel core dengan ukuran slot memory bergiga-giga dan tentunya didukung kinerja laptop yang lebih baik.

Perkembangan fitur dalam sebuah laptop juga mempengaruhi harga jualnya, semakin lengkap fitur maka jelas semakin mahal laptop tersebut. Karena termasuk kategori barang elektronik yang memiliki harga jual yang mahal maka perawatan-perawatan ekstra demi menjaga kerusakan-kerusakan dalam sebuah laptop sangatlah diperlukan. Secara sadar atau tidak, kebiasaan kita ketika menggunakan laptop juga membawa dampak buruk bagi beberapa sistem yang terdapat dalam sebuah laptop. Nah, untuk mengetahui secara jelas demi mencegah kerusakan-kerusakan sistem laptop itu berikut penulis uraikan point-point penting melakukan perawatan terhadap laptop :

  • Jauhkan dari barang-barang elektromagnetik

    Barang-barang elektromagnetik seperti : Televisi, Radio, Kulkas, Handphone, Mesin dll yang berada dekat dengan laptop dapat menyebabkan kerusakan sistem pada laptop akibat gelombang yang berdekatan, tidak hanya itu, gelombang radiasi elektromagnetik yang dipancarkan juga tidak baik bagi kesehatan manusia. Beberapa situs yang penulis baca, gelombang radiasi dari barang-barang elektromagnetik itu dapat mengakibatkan timbul penyakit kanker otak.

  • Perhatikan dalam mendownload software-software dari Internet

    Perlu anda ketahui, beberapa software hasil download internet banyak menyertakan virus-virus laptop di dalamnya (biasanya hasil download dari situs yang tidak resmi), dengan terinstallnya software tersebut ke laptop anda maka kemungkinan besar virus itu juga akan terikut, ditandai dengan penurunan kinerja laptop anda. Jadi saran penulis, hindari mendownload software yang tidak jelas apalagi tidak diperlukan. Jika pun harus mendownload ada baik anda lakukan penscanan terlebih dahulu dengan anti virus yang anda miliki.

  • Perhatikan Baterai laptop

    • Biasakan untuk memakai charger yang kompatibel sesuai dengan baterai dan laptop anda. Jangan paksakan untuk memakai charger laptop yang berbeda merek dalam melakukan pengisian karena akan terjadi perbedaan jumlah arus sehingga kemungkinan baterai akan soak (tidak tahan lama).
    • Jangan menggunakan laptop di saat pengisian baterai, lebih baik anda tunggu sampai baterai penuh. Jika anda harus menggunakan laptop anda sebaiknya dilepas saja baterainya, anda bisa menghidupkan laptop tersebut dengan hanya terhubung ke charger tanpa memakai baterai.
    • Langsung lakukan pengisian ketika baterai memunculkan peringatan kekosongan, jangan anda paksakan laptop anda mati akibat baterai anda kosong. Itu akan menyebabkan kerusakan pada baterai.
    • Baterai yang sudah penuh ketika dilakukan pengisian, langsung lepaskan dari colokan penghubung charger.

  • Perhatikan Tempat

    • Hindari menggunakan laptop di tempat-tempat yang basah, karena ditakutkan akan mengenai hardware luar pada laptop yang sensitif dengan air.
    • Tempat yang terkena panas juga tidak baik bagi kondisi laptop, seperti terkena pancaran sinar matahari.
    • Jangan biasakan menggunakan laptop dengan alasnya kasur, bantal, sofa, kain, paha kaki, semua hal yang menyulitkan keluarnya sirkulasi udara. Mungkin anda bisa membeli alas laptop yang disertai kipas, di toko-toko komputer banyak diperjualbelikan harganya juga terjangkau karena memang sangat membantu dalam proses pencegahan panas terhadap adaptor sebuah laptop.
    • Memindahkan laptop ketika menyala ke tempat yang lain juga merupakan hal yang buruk, dikhawatirkan perangkat-perangkat halus dalam laptop mengalami pergerakan dan putus.

Yup, demikianlah cara merawat laptop anda dari kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan baik disengaja maupun tidak sengaja. Apapun itu cara terbaik dalam menjaga laptop kita adalah dengan memperhatikan cara-cara kita menggunakannya, bagaimana kita memperhatikan agar laptop tetap terjaga akan kebersihan dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan virus seperti mencolokkan flashdisk sesuka hati tanpa melakukan penscanan dll.

Jika memang sudah terjadi kerusakan dan anda juga belum paham untuk memperbaikinya jangan terlalu dipaksa, bisa anda serahkan ke ahli service komputer di tempat terdekat, walaupun mengeluarkan sedikit biaya tapi setidaknya mengurangi kerusakan-kerusakan lain yang terjadi jika anda sendiri yang memperbaiki. Intinya, mencegah itu lebih baik daripada memperbaiki :)

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://www.omdading.com/2012/02/tips-cara-merawat-laptop-baik.html
Sumber photo : google.com

Related Posts :

0 komentar :

Posting Komentar